Advertisement

Kawasan Industri Semin Gunungkidul, Jalan Banyak yang Rusak dan Sempat Jadi Tempat Buang Korban Begal

David Kurniawan
Senin, 23 Januari 2023 - 16:57 WIB
Budi Cahyana
Kawasan Industri Semin Gunungkidul, Jalan Banyak yang Rusak dan Sempat Jadi Tempat Buang Korban Begal Kendaraan melintasi jalan di kawasan industri Semin di Dusun Bangunsari, Candirejo, Semin, Gunungkidul, Senin (23/1/2023). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Jalan di Kawasan Industri Semin di Gunungkidul akan diperbaiki karena rusak. Daerah tersebut dahulu sempat menjadi tempat membuang korban begal.

Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul memastikan perbaikan jalan di kawasan peruntukan industri di Dusun Bangunsari, Candirejo, Semin, dilanjutkan tahun ini. Total pagu anggaran yang disediakan sebesar Rp1,5 miliar.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Kepala Bidang Bina Marga, DPUPRKP Gunungkidul, Wadiyana mengatakan perbaikan jalan di Kawasan Industri Semin adalah salah satu program prioritas Bupati Sunaryanta. Upaya perbaikan sudah mulai dilaksanakan di tahun ini.

BACA JUGA: Kronologi Perempuan Tersesat Dinihari di Hutan Gunungkidul Gara-gara Google Maps

Meski demikian, ia mengakui belum semua ruas bisa diperbaiki karena keterbatasan anggaran Pemkab Gunungkidul. Tahun lalu perbaikan jalan sepanjang 500 meter menelan biaya Rp1,49 miliar.

“Akan dilanjutkan lagi tahun ini dengan pagu Rp1,5 miliar. Panjang ruas yang diperbaiki hampir sama dengan di 2022,” kata Wadiyana, Senin (23/1/2023).

Total ruas jalan kabupaten yang menghubungkan Dusun Bangunsari, Candirejo dengan Dusun Tobong, Sambirejo, Ngawen sepanjang 3,6 kilometer. Hampir seluruh ruas rusak dan membutuhkan perbaikan. Wadiyana menambahkan, proses perbaikan masih dalam perencanaan. Pengerjaan harus melalui mekanisme lelang di Badan Layanan Pengadaan Pemkab Gunungkidul.

“Masih proses. Yang jelas, spesifikasi pengerjaan sama dengan tahun lalu, yakni menggunakan metode cor beton FS45,” katanya.

Salah seorang warga Candirejo, Semin, Sunarto mengatakan, sebagian jalan di Kawasan Industri Semin sudah bagus karena diperbaiki tahun lalu. Namun, perbaikan belum menyasar ke seluruh ruas yang rusak.

BACA JUGA: Fasilitasi Anak Muda Berkegiatan, Baturetno Bangun Lapangan Senilai 350 Juta

“Harapannya bisa diperbaiki semua,” katanya.

Menurut Sunarto, di daerah tersebut sudah ada pabrik sarung tangan yang beroperasi. Keberadaan pabrik sudah mulai memberikan dampak terhadap perekonomianHal ini terlihat banyak warung makan yang berdiri di sekitaran pabrik untuk melayani para karyawan. Selain itu, juga ada yang membuka usaha penitipan kendaraan di lokasi tersebut.

“Dahulu sepi, bahkan sempat jadi tempat pembuangan orang yang menjadi korban begal. Tapi, sekarang sudah mulai ramai dan harapannya dengan jalan rusak diperbaiki maka akan lebih baik lagi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AP I Mengaku Belum Terima Info soal Pengurangan Jumlah Bandara Internasional

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Ikuti Post-tour ATF, Banyak Peserta Terkesan dengan Objek Wisata DIY

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 10:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement