Advertisement

Belum Ada Titik Temu soal Tanah Sultan Grond, Pembebasan Lahan Tol Jogja Bawen Baru 65%

Abdul Hamied Razak
Selasa, 24 Januari 2023 - 21:27 WIB
Bhekti Suryani
Belum Ada Titik Temu soal Tanah Sultan Grond, Pembebasan Lahan Tol Jogja Bawen Baru 65% Foto ilustrasi. - ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA– Humas PT Jasamarga Jogja- Bawen (JJB), Danindra Ghuasmoro mengatakan hingga kini proses pembebasan lahan Tol Jogja Bawen di DIY belum sepenuhnya selesai. Tanah berkarakteristik khusus yang masuk dalam proyek ini belum dapat dibebaskan.

Dengan demikian, pembebasan lahan Tol Jogja-Bawen untuk wilayah DIY baru mencapai 65% dari seluruh lahan yang dibutuhkan. Termasuk lahan tambahan seluas 188.075 meter persegi meliputi 399 bidang tanah.

Advertisement

"Terkait tanah karakteristik khusus ini kami sedang bahas secara intensif dengan pihak kraton agar segera ditemukan titik tengahnya," katanya, Selasa (24/1/2023).

Dia tidak menjelaskan titik tengah yang diharapkan antara kraton dan JBB mengenai penggunaan lahan Sultan Grond yang masuk dalam proyek pembangunan jalan tol tersebut. Hanya saja, JBB optimistis pembangunan jalan tol tersebut sudah bisa digunakan pada 2024 mendatang.

BACA JUGA: Kilas Balik! Sederet Operasi Densus 88 di Sleman, Ada Terduga Teroris Ditangkap saat Bawa Sepiring Nasi

Sementara itu pekerjaan konstruksi pembangunan tol Jogja Solo untuk wilayah Jogja terus disiapkan dan segera dilakukan. Ditargetkan, ruas tol seksi 1 dari Solo ke Purwomartani (Jogja) bisa digunakan pada tahun 2024.

Corporate Communication PT Jogjasolo Marga Makmur selaku pengelola jalan tol Jogja-Solo Ahmad Izzi mengatakan untuk pekerjaan konstruksi jalan tol di wilayah DIY masuk dalam tahap persiapan. "Persiapan konstruksi sudah dilakukan untuk paket 1.2, tepatnya di daerah Purworatani, Kalasan," kata Izzi kepada Harianjoogja.com, Selasa (24/1/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Airlangga Hartato Sebut Jokowi Milik Bangsa dan Semua Partai

News
| Rabu, 24 April 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement