Advertisement

Jam Tangan Mewah Seharga Rp60 Juta Milik Warga Imogiri Raib Dicuri, Pelaku Ditangkap

Ujang Hasanudin
Rabu, 25 Januari 2023 - 14:37 WIB
Sunartono
Jam Tangan Mewah Seharga Rp60 Juta Milik Warga Imogiri Raib Dicuri, Pelaku Ditangkap Kapolsek Imogiri, Kompol Suharno (tengah) saat menunjukan tersangka dan barang bukti pencurian dengan modus congkel jendela di Mapolsek Imogiri, Rabu (25/1/2023) - Harian Jogja/Ujang Hasanudin.

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Jam tangan mewah seharga Rp60 juta milik Edi Mahmud, 25, warga Dusun Karangrejek, Kalurahan Karangtengah, Kapanewon Imogiri, Bantul hilang dicuri orang pada Jumat (6/1/2023). Pelaku mencongkel jendela turut membawa uang jutaan rupiah.

Dari hasil pemerikasaan sejumlah saksi, aparat Polsek Imogiri meringkus Triyanto, 28, warga Dusun Sompok, Kalurahan Sriharjo, Kapanewon Imogiri, Bantul, di Terminal Trenggalek, Jawa Timur.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Kapolsek Imogiri, Kompol Suharno mengatakan pengungkapan kasus pencurian tersebut bermula dari laporan korban yang mengaku kehilangan uang tunai Rp5 juta dan jam tangan merek IWC SCHAFFHAUSEN seharga Rp60 juta.

BACA JUGA : Baru Awal Tahun, Pencurian di Bantul Sudah Merebak

Uang tunai dan jam tangan tersebut di simpan di kamar tidur. Korban menduga tersangka masuk ke rumahnya dengan cara mencongkel jendela pada Kamis (5/1/2023) dini hari, sekitar pukul 02. 00 WIB. Dari laporan tersebut, kata Suharno, penyidik melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) di rumah korban bersama tim Inafis Polres Bantul.

“Dari hasil olah TKP ditemukan sidik jari yang identik dengan sidik jari Triyanto,” katanya, dalam keterangangan pers di Mapolsek Imogiri, Rabu (25/1/2023).

Untuk menguatkan temuan tersebut polisi juga melakukan pemeriksaan korban dan saksi-saksi. Hasil penyelidikan tersebut menguatkan bahwa pelaku pencurian di rumah korban adalah Triyanto. “Kebetulan pelaku Triyanto ini juga merupakan residivis kasus pencurian di wilayah hukum Imogiri belum lama ini dan pernah dihukum tujuh bulan,” ujar Suharno.

Dari temuan tersebut polisi kemudian mendatangi tersangka Triyanto di rumahnya namun tidak menemukannya. Polisi kemudian melacak nomor HP tersangka dan tersangka berada di wilayah Trenggalek, Jawa Timur. Akhirnya polisi berangkat ke Trenggalek untuk menangkap tersangka dengan cara dipancing melalui telepon dan ketemuan di Terminal Trenggalek. Di Terminal tersebutlah tersangka Triyanto ditangkap dan dibawa ke Polsek Imogiri untuk dilakukan pemeriksaan.

BACA JUGA : Kaca Mobil Dipecah, Penjual Telur di Imogiri Kehilangan

Dari hasil pemeriksaan, tersangka Triyanto mengakui telah mencuri uang tunai Rp5 juta, jam tangan, dan empat lembar mata uang Korea. Modusnya dengan cara mencongkel jendela. Adapun sasaran korban Edi Mahmud karena korban baru saja pulang dari Korea sebagai TKI, sehingga tersangka meyakini korban membawa uang banyak.

Sementara itu jam tangan hasil curian sudah dijual oleh tersangka dengan harga Rp8 juta. Hasil penjualan digunakan untuk membeli pakaian, tas dan hiburan di tempat karaoke. Pernyataan tersebut dibernarkan oleh tersangka Triyanto. Ia mengaku tidak mengetahui jika jam tangan mewah itu harganya Rp60 juta.

Jam tangan itu ia jual melalui media sosial, “Pas saya uanggah di media sosial ada yang nawar Rp8 juta langsung dijual. Kalau tahu harganya mahal mungkin saya bisa menawarkan lebih mahal lagi,” katanya.

Tersangka Triyanto mengakui bahwa dirinya mengetahui korban baru saja pulang dari Korea. Antara korban dan tersangka sendiri masih memiliki hubungan saudara. Tersangka juga mengakui bahwa dirinya baru keluar penjara sejak enam bulan lalu karena kasus pencurian di wilayah Imogiri. Atas perbuatannya tersangka diancam Pasal 363 KUHP tentang Pencurian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Update Gempa Turki: 1.504 Orang Dilaporkan Tewas, 592 di Antaranya di Suriah

News
| Senin, 06 Februari 2023, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement