Advertisement

Hujan Sangat Deras Kemarin, Ini 4 Titik Tanah Longsor di Bantul

Andreas Yuda Pramono
Kamis, 26 Januari 2023 - 16:07 WIB
Arief Junianto
Hujan Sangat Deras Kemarin, Ini 4 Titik Tanah Longsor di Bantul Salah satu rumah warga Sendangsari yang tertimpa talut ambrol, Rabu (25/1/2023). - Istimewa/BPBD Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL — Dalam sehari, per 25 Januari 2023, tercatat ada empat kejadian kebencanaan terjadi di Kabupaten Bantul.

Komandan TRC BPBD Bantul, Sulistiyana mengatakan bahwa ada empat kejadian kebencanaan dalam waktu satu hari per tanggal 25 Januari 2023.

Advertisement

"Kejadian pertama adalah ambrolnya talut milik warga Kalurahan Triharjo, Pandak dan mengenai tembok kamar mandi serta atap dapur tetangganya," kata Sulistiyana, pada Kamis (26/1/2023).

Kejadian tersebut terjadi pukul 22.30 WIB. Penyebabnya adalah hujan deras yang membuat air masuk ke dalam rongga-ronggga talut, sehingga talut tersebut tidak dapat menahan beban.

Akibatnya, talut yang ambrol tersebut membuat tembok kamar mandi dan atap dapur milik Tri Untoro jebol. Apabila puing-puing tersebut tidak segera diatasi, maka akan sulit untuk mencegah air agar tidak masuk ke dalam rumah.

BACA JUGA: Kurangi Risiko Bencana, Ribuan Pohon Ditanam di Pinggir Sungai Progo

Talut tersebut memiliki tinggi 5 meter dan panjang 8 meter. Sementara dapur milik Tri memiliki ketinggian 3 meter dan lebar 9 meter. Selain itu, kerusakan terjadi pada kamar mandi dengan ukuran tinggi 1 meter dan lebar 1 meter. Estimasi kerusakan mencapai sekitar Rp10 juta.

Di lokasi lainnya, di Dusun Benyo, Kalurahan Sendangsari, Pajangan, Bantul, talut dengan tinggi 3 meter dan panjang 6 meter ambrol, sehingga menutupi saluran irigasi.

"Ancamannya, rumah warga bernama Siti Nur Hendah terancam ambrol. Soalnya, jarak dengan rumah Siti dengan titik lokasi longsor hanya sekitar 1 meter," katanya.

Tak hanya itu, di Kalurahan Sendangsari, tepatnya rumah Pak Mujiharjo juga terancam terkena longsoran apabila tebing di dekat rumahnya ambrol.

"Alasannya masih sama, karena hujan deras yang menyebabkan air masuk ke dalam rongga tebing dekat rumah Pak Mujiharjo. Sebagian tebing ambrol dengan ukuran tebing yang ambrol memiliki tinggi 4 meter dan panjang 5 meter," ucapnya.

Peristiwa lainnya, di Dusun Nogosari, Kalurahan Selopamioro, Imogiri, Bantul, hujan deras dan aliran sungai yang tidak lancar menyebabkan tanah longsor. Longsoran tersebut menyebabkan akses jalan desa dan aliran sungai desa tertutup. "Bahkan, air hujan dan air sungai irigasi lantas meluap ke lima rumah warga," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkes Buka Pendaftaran Lowongan Nakes untuk 4 Rumah Sakit

News
| Kamis, 25 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement