Advertisement

Rp24 Triliun Digelontorkan untuk Pembangunan IKN Selama 2023

Lugas Subarkah
Jum'at, 27 Januari 2023 - 23:27 WIB
Budi Cahyana
Rp24 Triliun Digelontorkan untuk Pembangunan IKN Selama 2023 Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, saat ditemui wartawan di UGM, Jumat (27/1/2023). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pemerintah terus mengebut pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Sepanjang 2023 ini, pemerintah menggelontorkan sedikitnya Rp24 triliun untuk pengerjaan pembangunan IKN.

Hal ini disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, dalam Focus Group Discussion Isu Strategis Kebijakan dan Penyelenggaraan Pembangunan IKN di kompleks UGM, Jumat (27/1/2023).

Advertisement

Ia menjelaskan tahun ini pemerintah menganggarkan sebesar Rp24 triliun untuk pembangunan IKN. Secara umum, progress pembangunan saat ini sekitar 14%, yang meliputi land development, jalan logistik, jalan tol, hunian dan kantor.

“Yang hunian pekerja sudah hampir selesai, sudah mau masuk. Sudah 500 orang masuk menghuni di sana. Jalan tol sudah mulai dua bulan yang lalu. Ada 30 pekerjaan partide yang sudah ditanda tangani kontraknya, jadi sudah mulai,” katanya.

Pada Februari-Maret ia menargetkan 16.000 pekerja masuk ke IKN yang akan menghuni 22 tower rusun yang sudah dibangun. Para pekerja tersebut yang akan mengerjakan pekerjaan fisik dasar selama 2023.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Hidayat, mengatakan meski secara umum progres pembangunan IKN sekitar 14%, progres setiap proyek pembangunan di IKN beda-beda.

“Ada yang udah 100 persen, misalnya jalan logistik ada yang sudah 100 persen. Bendungan itu sekitar 83 persen, jalan tol ada yang baru 2 persen, ada yang 6 persen, ada yang 3 persen. Secara rata-rata antara 12-14 persen,” ungkapnya.

Melihat progres sejauh ini, menurutnya pembangunan IKN sudah on the track. “Kami targetnya adalah di semester II 2024, fungsional terutama yaitu target untuk melaksanakan upacara 17 Agustus. Jadi kawasan istana dan sebagainya, itu yang kami upayakan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penyidik Kasus Harun Masiku yang Terima Perintah di Luar KPK Bakal Dipecat

News
| Sabtu, 22 Juni 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Libur Iduladha, Warung Satai Klathak di Jogja Ini Diserbu Wisatawan

Wisata
| Kamis, 20 Juni 2024, 21:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement