Advertisement

Wirogunan Kelola Sungai Code Jadi Kampung Wisata

Stefani Yulindriani Ria S. R
Kamis, 02 Februari 2023 - 07:27 WIB
Sunartono
Wirogunan Kelola Sungai Code Jadi Kampung Wisata Merti Kali Code. - Antara/Hendra Nurdiyansyah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Warga RW 7, Kampung Surokarsan, Kelurahan Wirogunan, Kemantren Mergangsan, Kota Jogja memanfaatkan Sungai Code untuk budidaya ikan. Budidaya ikan tersebut dilakukan untuk mendukung wilayahnya menjadi kampung wisata. 

Sekretaris Kampung Wisata Suro Amerta Tining menyampaikan pendirian kampung wisata tersebut terinspirasi dari pengalaman warga melihat kampung wisata lain di DIY.  Awalnya warga RW 7 yang tergabung dalam komunitas gowes Suro Pedal seringkali berkeliling ke berbagai kampung wisata di DIY.

Advertisement

Dari situ, warga pun menyadari bahwa wilayahnya juga memiliki potensi untuk dikembangkan, yakni dilintasi Sungai Code. Berawal dari situ, warga pun menggagas konsep kampung wisata dengan basis bentangan sungai tahun 2019. 

Selanjutnya, selama pandemi Covid-19, warga terus berupaya untuk membersihkan sungai, sehingga sungai tersebut layak dijadikan objek wisata. Peresmian Kampung Wisata Suro Amerta dilakukan pada Maret 2022, dengan keunggulannya pemanfaatan potensi sungai. Suro Amerta bermakna sungai yang menghidupi masyarakat di Surokarsan. 

“Kali itu kami bersihkan, sehingga menjadi kali yang bersih, yang enak dipandang. Setelah itu, kami memberi ikan disitu,” katanya. 

Sungai Code dibagi dalam beberapa petak, kemudian dalam petak tersebut dibudidayakan sejumlah ikan, yakni ikan lele, nila, koi, dan patin. Pembudidayaan ikan di Sungai Code, menurut Tining, selain menambah keindahan sungai, juga untuk menambah pendapatan warga. 

“Kami berupaya untuk membangun atau memperbaiki wilayah di bantaran Kali Code menjadi objek wisata lokal di tengah kota Jogja,” katanya. 

Saat ini, Kampung Wisata Suro Amerta telah banyak dikunjungi warga sekitar. Namun, pengelola kampung wisata berupaya untuk dapat menarik minat dari masyarakat di wilayah lain pula. Per Maret 2023, Kampung Wisata Suro Amerta mulai membuka pemancingan bagi masyarakat umum setiap Sabtu dan Minggu. 

“Harapannya dengan adanya ini akan meningkatkan pendapatan warga masyarakat sekitar, bisa menghidupi, menambah pendapatan warga sekitar,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

9 Daerah di Jateng Berstatus Tanggap Darurat Bencana, Pj Gubernur: Tingkatkan Kesiapsiagaan

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement