Advertisement

ATF 2022 Diharapkan Dongkrak Kunjungan Turis Asing ke Gunungkidul, Nglanggeran dan Tepus Jadi Andalan

David Kurniawan
Jum'at, 03 Februari 2023 - 19:17 WIB
Budi Cahyana
ATF 2022 Diharapkan Dongkrak Kunjungan Turis Asing ke Gunungkidul, Nglanggeran dan Tepus Jadi Andalan Salah satu sudut pengembangan kawasan wisata Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunungkidul - JIBI/Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Pariwisata Gunungkidul berharap ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 di DIY bisa mendongkrak kunjungan wisatawan asing. Desa Wisata Nglanggeran dan Tepus menjadi andalan.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Muhammad Arif Aldian, mengatakan Gunungkidul berpartisipasi dalam ATF 2023 yang diselenggarakan di DIY. Ada stan yang dibuka yang salah satunya untuk memperkenalkan potensi di desa wisata Tepus.  

Advertisement

“Teman-teman sudah standby di sana. Juga sudah dibuat buklet untuk memperkenalkan destinasi kepada pengunjung yang hadir,” kata Aldian kepada wartawan, Jumat (3/2/2022).

Setelah gelaran ATF, Gunungkidul akan dikunjungi delegasi. Destinasi tujuan adalah kawasan wisata di Gunung Api Purba Nglanggeran, Patuk.

“Waktunya kami serahkan ke panitia penyelenggaraan ATF. Yang jelas, kami persiapkan destinasi untuk kunjungan,” katanya.

Aldian menambahkan Desa Wisata Nglanggeran dipilih sebagai lokasi kunjungan karena sudah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu desa wisata terbaik di dunia pada 2022 lalu. Selain itu, kawasan Nglanggeran juga cocok dikunjungi oleh wisatawan Eropa karena memadukan keindahan alam dengan budaya.

BACA JUGA: Hari Pertama, Delegasi ATF Santap Makan Ala Kraton hingga Kunjungi Ruang HB IX

“Mudah-mudahan kunjungan wisatawan mancanegara bisa terus meningkat. Wisatawan dari Eropa sangat cocok ke Nglenggeran karena kondisi alamnya,” kata mantan Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Gunungkidul ini.

Fasilitas maupun akomodasi sudah siap. Akses ke destinasi sudah tersedia dengan baik. Penginapan tidak masalah karena banyak homestay yang dikelola masyarakat. Salah seorang pengelola Desa Wisata Nglanggeran, Sugeng Handoko, mengatakan ATF di DIY sudah mulai mebuahkan hasil. Kunjungan wisatawan asing mengalami peningkatan.

BACA JUGA: Perhelatan ATF Jadi Pertaruhan Wisata Jogja, Simak Ulasannya!

“Kami bersyukur sudah ada peningkatan. Hari ini, kami mengantarkan rombongan turis dari Malaysia,” katanya.

Sugeng mengaku sudah mempersiapkan paket wisata unggulan untuk menarik wisatawan Eropa. Salah satunya mengenalkan wisata live in kepada pengunjung sehingga mereka tidak hanya menikmati pemandangan, tetapi juga bisa berpartisipasi dalam kegiatan dengan warga sekitar.

“Penyelenggaraan ATF ini bisa menjadi momen bangkitnya wisata yang terdampak pandemi,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement