Advertisement

BPS Rilis Ekonomi DIY Melesat, Sektor Pariwisata Jadi Pengungkit

Abdul Hamied Razak
Selasa, 07 Februari 2023 - 08:37 WIB
Sunartono
BPS Rilis Ekonomi DIY Melesat, Sektor Pariwisata Jadi Pengungkit Suasana TPR Parangtritis, Rabu (4/5/2022) siang. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Pariwisata (Dispar) DIY bersama Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY menilai kontribusi sektor pariwisata di DIY cukup tinggi untuk menggerakkan perekonomian DIY. Ke depan kegiatan Meeting Incentive Convention Exhibition (MICE) di DIY akan terus diperkuat.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo mengatakan data BPS DIY yang merilis pertumbuhan ekonomi di DIY meningkat pesat salah satunya didukung oleh sektor pariwisata. Selama 2022, katanya, banyak event dan kegiatan pariwisata yang kembali menggerakkan perekonomian masyarakat.

Advertisement

BACA JUGA : Pertumbuhan Ekonomi DIY Diprediksi Terus Tumbuh

"Ya selama 2022, banyak even dan perjalanan wisata yang mendorong wisatawan ke Jogja. Bahkan, pada 2022, DIY meraih penghargaan sebagai provinsi dengan rasio pergerakan wisatawan tertinggi, salah satunya digerakkan oleh banyak even nasional maupun internasional," kata Singgih kepada Harianjogja.com, Senin (6/2/2023).

Tidak hanya itu, lanjut Singgih, pada 2019 DIY juga menerima penghargaan sebagai most popular MICE Destination dari Kementerian. Tak salah jika data BPS menyebut jumlah wisatawan ke DIY pada 2022 sudah melebihi jumlah wisatawan pada 2019 dari sekitar 6,1 juta orang menjadi 6,6 juta orang.

"Dengan demikian, kontribusi sektor pariwisata di DIY terhadap ekonomi pada 2022 cukup tinggi dan sudah melebihi 2019. Ini yang membuat kami lebih percaya diri bahwa kondisi pariwisata di DIY sudah bangkit dan bahkan pulih," kata Singgih.

BACA JUGA : Wisata Menggeliat, Ekonomi DIY Tumbuh

Ketua DPD Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY Bobby Ardianto mengatakan jenis wisata domestik masih mendominasi kunjungan wisatawan ke DIY. Hal tersebut tidak lepas dari baiknya akses wisatawan baik dari darat dan udara ke Jogja. Ke depan, katanya, perlu dilakukan integrasi program wisata dari 4 kabupaten dan satu kota di DIY perlu segera dilakukan.

"Ini harus segera dilakukan agar segera dibawa ke dunia internasional. Jarang kita membawa potensi destinasi di kabupaten ini untuk pasar internasional. Jangan hanya terpacu pada Borobudur dan Prambanan, harus dilakukan integrasi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gabung Afsel, Turki Ajukan Kejahatan Genosida Israel ke Mahkamah Internasional

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement