Advertisement

Pertengahan April Pasar Godean Mulai Dibangun

Anisatul Umah
Jum'at, 10 Februari 2023 - 21:17 WIB
Bhekti Suryani
Pertengahan April Pasar Godean Mulai Dibangun Desain Pasar Godean Sleman. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN– Revitalisasi Pasar Godean saat ini sudah masuk ke tahap demolish (pembongkaran bangunan). Tahapan ini akan berlangsung sampai 28 Februari 2023 mendatang. Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Sleman Tina Hastani mengatakan Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) DIY akan melakukan lelang kurang lebih dua bulan. Setelah itu pembangunan fisik akan dimulai.

"Mulai pertengahan April dibangun Pasar Godean itu. Anggaran untuk membangun Pasar Godean sekitar Rp101 miliar," ucapnya, Jumat (10/2/2023).

Advertisement

Saat ini sebanyak 1.837 pedagang menempati lokasi transit di tiga lokasi berbeda. Yakni di Sidokarto, Kuliner Belut, dan Pasar Hobbies. Selepas Mei 2023 pedagang akan dipindahkan ke tempat relokasi di Kalurahan Sidoluhur.

Tina menjelaskan pembangunan tempat relokasi menelan anggaran sekitar Rp9,7 miliar. Saat ini masih proses lelang, dan diharapkan Mei 2023 sudah mulai ditempati. Nantinya pedagang akan berjualan di satu lokasi relokasi, tidak lagi terpisah seperti saat transit.

"Luasan kios [lokasi relokasi] 1,5 x 2 meter. Di sana bisa disatukan semua pedagang dari tiga tempat yang transit itu."

Lokasi transit yang saat ini ditempati pedagang sempat digugat karena fasilitasnya yang kurang memadai. Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman akan berupaya memperbaiki sejumlah sarana prasarana di lokasi transit.

Pemkab Sleman akan menepati kesepakatan untuk menyiapkan fasilitas di tempat relokasi yang lebih baik untuk pedagang."Kami juga akan terus memonitoring dan mengevaluasi. Termasuk nanti rencana pindahnya dari tempat transit ke relokasi, akan kita buat lebih matang," kata Kustini.

BACA JUGA: Takut dan Kabur Setelah Viral, Pelaku Klitih Titik Nol Jogja Ditangkap di Banyumas

Perbaikan yang telah dan akan dilakukan di antaranya pemadatan akses jalan, penyediaan fasilitas MCK dan mushola, penyediaan penerangan dan daya listrik selama 24 jam, penyediaan lahan dan juru parkir yang resmi. 
Penyediaan petugas keamanan, serta secara berkala mengecek saluran air. Tempat relokasi di Sidoluhur juga akan diusahakan lebih baik, aman, dan nyaman. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement