Advertisement

Promo Sumpah Pemuda Harjo

Potensi Cuaca Ekstrem, Belasan Ribu Pohon Perindang di Jogja Dipantau Ketat

Yosef Leon
Minggu, 19 Februari 2023 - 14:07 WIB
Arief Junianto
Potensi Cuaca Ekstrem, Belasan Ribu Pohon Perindang di Jogja Dipantau Ketat Ilustrasi. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Sedikitnya 18.000 pohon perindang dicermati Dinas Lingkungan Hidup Kota Jogja menyusul adanya potensi hujan lebat yang diprakirakan terjadi pada 19-21 Februari 2023 di wilayah setempat. Antisipasi sejak dini akan dilakukan dengan pemantauan berkala terhadap pohon yang berpotensi ambruk. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jogja Sugeng Darmanto mengaku telah mengantongi informasi berkaitan dengan potensi hujan lebat yang terjadi di seluruh wilayah DIY beberapa hari ke depan. Karena itulah, intensitas pemantauan dan pemangkasan terhadap pohon perindang pun juga ditingkatkan. 

Advertisement

"Kalau melihat cuaca seperti ini yang harus kita cermati yakni jalan protokol dan jalan umum, pohon disekitar kita, terutama yang kemungkinan mengalami pelapukan atau perlu dirawat. Kalau perlu dieksekusi kita lakukan," kata Sugeng, Minggu (19/2/2023). 

BACA JUGA: Seekor Sapi Mati Tertimbun Longsor di Patuk

Menurutnya, Dinas Lingkungan Hidup setempat telah mempunyai tim khusus yang bertugas memantau dan merawat pohon perindang. Tim akan berkeliling setiap harinya ke titik-titik tertentu guna melakukan penangkapan terhadap pohon perindang yang dinilai rawan tumbang akibat angin dan hujan lebat. 

"Kami juga punya tim yang setiap saat mengawasi itu, kalau ada kejadian yang di lapangan biasanya kita kerja sama dengan BPBD, eksekusi oleh BPBD setelahnya kami melakukan pembersihan," katanya. 

Pihaknya juga meminta kepada warga untuk peka dengan lingkungan sekitar. Pencermatan terhadap sejumlah pohon yang ada di wilayah masing-masing menjadi penting saat memasuki cuaca ekstrem seperti sekarang. Jangan sampai akibat kelengahan terhadap potensi wilayah, muncul korban dampak dari cuaca ekstrem itu. "Masyarakat kami minta pantau pohon masing-masing, cermati dan rawat, jangan sampai setelah tinggi sekali baru dipangkas. Lebih baik mengantisipasi sejak dini," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pengumuman Nama Cawapres yang Diputuskan dalam Rakernas PDIP Diserahkan kepada Megawati

News
| Minggu, 01 Oktober 2023, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Unik, Taman Sains Ini Punya Gedung Seperti Pesawat Ruang Angkasa

Wisata
| Sabtu, 30 September 2023, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement