Advertisement

Penataan Kawasan Jadi Kunci Mitigasi, BPBD DIY: Taati Peta Rawan Bencana!

Triyo Handoko
Senin, 20 Februari 2023 - 20:37 WIB
Arief Junianto
Penataan Kawasan Jadi Kunci Mitigasi, BPBD DIY: Taati Peta Rawan Bencana! Ilustrasi. - Dok.BPBD Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Penataan kawasan jadi kunci mitigasi bencana di DIY. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY menyebut penataan kawasan jadi bagian penting mitigasi bencana struktural yang melibatkan banyak organisasi perangkat daerah (OPD).

Koordinasi antar-OPD dalam penataan kawasan untuk memitigasi bencana ada dalam RPJMD Tematik Mitigasi Bencana. Rencana Penanggulangan Bencana Daerah (RPBD) juga tengah disusun oleh BPBD DIY untuk jadi bahan koordinasi antar-OPD untuk mitigasi penataan kawasan.

Advertisement

Kepala BPBD DIY, Biwara Yuswantana mencontohkan koordinasi penataan kawasan dalam mitigasi bencana seperti lahan kritis ditangani Dinas Lingkungan Hidup, lalu mitigasi bencana banjir di Kota Jogja dilakukan dengan Balai Sabuk Merapi.

“Secara umum yang melakukan penataan kawasan untuk mitigasi Dinas Tata Ruang, mereka yang mengeluarkan perizinan dan lainnya jika ada yang mengajukan [izin pembangunan] tentu pasti dikaji terutama yang berada di kawasan rawan bencana,” jelansya.

BACA JUGA: Mitigasi Bencana di 20 Cagar Budaya di Sumbu Filosofi Dikaji

Biwara menegaskan peta rawan bencana harus jadi acuan pembangunan. “Mislanya di Bukit Hargodumilah, itu zona merah bencana harusnya Pemkab yang melakukan penertiban, apakah dikaji lagi mitigasinya atau seperti apa,” katanya.

Meningkatnya intensitas bencana di DIY, jelas Biwara, masih sesuai dengan peta kebencanaan yang ada. “Bencana longsor di Gunungkidul dan Kulonprogo akhir-akhir ini berada di titik rawan bencana seperti di peta kebencanaan yang ada,” ujarnya.

Soal pelebaran luasan kawasan yang dilanda bencana, lanjut Biwara, terjadi seiring intensitas bencana yang meningkat. “Apakah karena pembangunan di sekitar kawasan rawan bencana tentu perlu dikaji lagi, tapi harusnya pembangunan yang ada ini selalu memprioritaskan mitigasi bencana yang ada,” jelasnya.

Biwara mencontohkan rencana pembangunan pesisir selatan DIY yang digagas Gubernur. “Sekarang Gubernur minta pembangunan menghadap Samudra Hindia sebagai bagian visinya, tentu kawasan itu juga ada potensi bencananya sehingga mitigasi juga dilakukan bersamaan dengan rencana pembangunannya,” ucap dia.

Dalam menyelenggarakan pembangunan yang ada, jelas Biwara, dilakukan juga pembangunan infrastruktur mitigasi bencana. "Di Bantul itu dirancang beberapa embung agar air tidak langsung mengalir ke laut selatan, agar tidak banjir juga dan dapat dimanfaatkan ke pertanian," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 6 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cabuli Santri, Pengasuh Pesantren Divonis 15 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement