Advertisement

Minimalkan Korban, Pelaku Pariwisata Jogja Dilatih Penanganan Kegawatdaruratan

Yosef Leon
Selasa, 28 Februari 2023 - 22:27 WIB
Budi Cahyana
Minimalkan Korban, Pelaku Pariwisata Jogja Dilatih Penanganan Kegawatdaruratan Ilustrasi gawat darurat. - Pixabay.com

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—UPT PSC 119 YES Kota Jogja melayani bantuan kegawatdaruratan sebanyak 2.800 kali sepanjang 2022 lalu. Angka ini meningkat cukup signifikan semenjak pandemi Covid-19 melandai.

Dengan kembali menggeliatnya sektor pariwisata, kebutuhan sumber daya sukarelawan di sektor itu akan dimaksimalkan untuk penanggulangan masalah sektor strategis di wilayah setempat. Sekretaris Daerah Kota Jogja Aman Yuriadijaya mengatakan semangat kerelawanan di sektor pariwisata sangatpenting lantaran industri tersebut menjadi tulang punggung perekonomian Jogja. Hal ini sekaligus untuk mempercepat penanganan kegawatdaruratan jika sewaktu-waktu terjadi di dunia pariwisata Jogja. 

Advertisement

"Ke depan pelaku pariwisata yang punya semangat kerelawanan dalam aspek gawat darurat akan dilatih agar saat ada insiden, penanganan bisa cepat," kata Aman, Selasa (28/2/2023). 

Menurutnya, layanan PSC 119 YES cukup strategis lantaran bersifat 24 jam dan terbuka bagi semua warga. Program mobilisasi relawan dalam bentuk pelatihan juga kerap dilakukan oleh instansi itu untuk memberikan pemahaman yang komprehensif kepada warga berkaitan dengan pertolongan pertama bagi insiden gawat darurat. 

"Itu yang saya kira menjadi menarik. Posisi PSC ini ternyata dibutuhkan oleh masyarakat dengan semangat kerelawanan tadi," katanya. 

Kepala UPT PSC 119 YES Kota Jogja, Dadan Andriyanto, menyebut peningkatan kesadaran tanggap darurat di masyarakat akan digalakkan terutama pada sektor pariwisata untuk meminimalkan korban jiwa saat terjadinya insiden gawat darurat. Sekarang respons time PSC 119 YES sejak mendapat laporan panggilan dan sampai ke lokasi tujuan berada di angka 15 menit. 

"Ketika militansi relawan tadi tumbuh di masyarakat, mereka bisa melakukan pertolongan pertama sebagai antisipasi menjelang petugas kami sampai ke lokasi tujuan," ujarnya. 

Satu unit kendaraan PSC 119 YES sekarang juga telah dilengkapi dengan teknologi priority vehicle untuk mendukung percepatan respons dan penanganan kejadian gawat darurat. Sistem ini akan mengatur lampu APILL menyala hijau saat kendaraan melintas di titik tertentu yang juga dipasangi sensor khusus. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 1 hour ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement