Advertisement

Duh, Ratusan Sapi di Bantul Terpapar Penyakit Lato-Lato

Andreas Yuda Pramono
Rabu, 01 Maret 2023 - 13:47 WIB
Jumali
Duh, Ratusan Sapi di Bantul Terpapar Penyakit Lato-Lato Ilustrasi sapi - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Ratusan sapi di Kabupaten Bantul terserang penyakit lato-lato atau Lumpy Skin Disease (LSD).

Untuk mengantisipasi meluasnya penyakit lato-lato, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Bantul telah meminta vaksin LSD kepada Kementerian Pertanian.

Advertisement

BACA JUGA: Pemkab Bantul Ajukan Vaksin LSD

Kepala DKPP Bantul, Joko Waluyo mengatakan bahwa per Selasa 28 Februari 2023, terdapat sejumlah 114 sapi di Bantul terpapar penyakit lato-lato.

“Kalau kematian akibat LSD itu tidak ada. Hanya saja memang sapi yang terpapar per 28 Februari 2023 kemarin sudah mencapai 114 sapi. Jumlah paling banyak ditemukan di Pajangan dan Sedayu,” kata Joko ditemui di kantornya pada Rabu (1/3/2023).

Sejauh ini DKPP Bantul telah melakukan vaksinasi LSD untuk 180 sapi. Belum terealisasinya pengajuan vaksin penyakit lato-lato membuat dinas belum bisa memperluas vaksinasi LSD.

“Januari 2023 itu kami telah mengajukan vaksin sebanyak 3.500 dosis. Tapi kami baru dapat 180 dosis. Itu kami berikan kepada para ternak sapi di seluruh Bantul,” katanya.

Untuk menekan penyebaran atau munculnya LSD, Joko menyarankan agar para pemiliki ternak menjaga kebersihan ternak. Lalu, apabila terdapat hewan ternak yang telah menunjukkan gejala terserang LSD, maka dia berharap agar memisahkan hewan tersebut di lokasi yang berbeda.

“Pokoknya jangan dicampur dengan ternak yang sehat. Tidak hanya itu, kalau habis membeli sapi, ya jangan langsung mencampur dengan ternak yang sudah ada. Faktornya itu kebersihan,” ucapnya.

Kendati penyebaran LSD tersebut tidak secepat Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), namun Joko menegaskan bahwa dengan terjangkitnya hewat ternak seperti sapi oleh LSD, hal tersebut dapat menurunkan nilai jual.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Bakal Larang Penjualan Rokok di Sekitar Zona Sekolah, Jarak Minimal 200 Meter

News
| Jum'at, 24 Mei 2024, 08:27 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement