Advertisement

Bukan Hanya Manusia, Ternyata Indukan Lele Juga Diberi Vaksin Booster

Catur Dwi Janati
Rabu, 01 Maret 2023 - 15:47 WIB
Sunartono
Bukan Hanya Manusia, Ternyata Indukan Lele Juga Diberi Vaksin Booster Suasana vaksinasi booster Aeromonas di Kelompok Mina Tirta Laras Krembangan, Panjatan - Istimewa // DKP Kulonprogo

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Bukan hanya manusia yang perlu memperkuat daya tahan tubuh di tengah cuaca ekstrem. Indukan Lele pun ternyata harus meningkatkan kekebalan ikan terhadap penyakit. Caranya lele tersebut juga diberikan divaksin booster. Vaksinasi booster Aeromonas ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas benih yang nanti bakal ditetaskan.

Sub Koordinator Kelompok Substansi Kesehatan Ikan dan Lingkungan Budidaya DKP Kulonprogo, Siti Khoiriyah menerangkan indukan lele di Kelompok Mina Tirta Laras Krembangan, Panjatan kembali mendapat suntikan vaksin Aeromonas. Vaksin booster ini diberikan kepada indukan lele di kolam Minta Tirta Laras yang sebelumnya divaksin pada beberapa waktu lalu. 

Advertisement

BACA JUGA : Warga Jogja! Pemkot Sediakan 2.500 Vaksinasi Rabies Gratis

"Akhir tahun lalu kita sudah memvaksinasi induk lele, yang divaksin itu ternyata daya tetasnya itu bagus, kemudian daya hidupnya itu juga lebih bagus. Setelah divaksin idealnya memang dilakukan booster," terangnya pada Selasa (28/2/2023).

Seperti halnya vaksin pada manusia, prinsipnya vaksinasi booster pada indukan lele ini untuk meningkatkan kekebalan imunitas ikan. Bedanya sasaran yakni untuk kebal terhadap bakteri Aeromonas. Setidaknya 250 indukan lele di Minta Tirta Laras menerima vaksin booster ini. 

Saat tidak dilakukan vaksin, Siti menyebutkan bila para pembudidaya mengeluhkan daya tetas benih-benih ikan yang lebih rendah. Selain itu benih yang ditetaskan dari induk yang tidak divaksin lebih rentan terjangkit penyakit. Kedepannya kelompok pembudidaya ikan (Pokdadan) diproyeksikan dapat melakukan penyuntikan vaksin mandiri. Skemanya dengan memberikan alat suntik kepada Pokdadan. "Sehingga tidak tergantung dengan petugas yang ada," ujarnya.

BACA JUGA : Kasus Tembak Data Vaksin Berdampak pada Rencana

Mengingat manfaatnya yang cukup penting bagi budi daya ikan, idealnya vaksinasi ikan dilakukan ke Pokdadan-pokdadan lainnya di Kulonprogo. Namun belum semua kelompok memiliki jumlah indukan yang banyak. Padahal vaksin yang sudah dibuka harus segera digunakan. Kedepannya vaksin akan menyasar Pokdadan lain dengan jumlah indukan yang sudah banyak juga. 

Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan, Drajat Purbadi menerangakan vaksinasi booster Aeromonas pada indukan lele, baik untuk penebalan imun indukan serta pencegahan penyakit. Drajat tak menutup kemungkinan jika kedepannya vaksinasi ini akan dilakukan kepada ikan yang di budidayakan Pokdadan lain.

Tentu hal itu mempertimbangkan jenis penyakit yang menyebar di lokasi ikan dibudidayakan, sehingga vaksin diberikan pun menyesuaikan. Intinya jika manfaatnya baik pada usaha budi daya ikan, skema semacam ini bisa direplikasi ke kelompok lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pakar Kesehatan Sarankan Vaksin Dengue untuk Perlindungan DBD

News
| Kamis, 23 Mei 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement