Advertisement

Ini Dia 10 Proyek Fisik Strategis yang Disiapkan Pemkot Kota Jogja Tahun 2023

Yosef Leon
Jum'at, 03 Maret 2023 - 17:17 WIB
Arief Junianto
Ini Dia 10 Proyek Fisik Strategis yang Disiapkan Pemkot Kota Jogja Tahun 2023 Kondisi Pasar Sentul - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Pemkot Jogja menetapkan 10 proyek fisik strategis sepanjang tahun ini melalui Keputusan Wali Kota Jogja No 118/2023. Pengerjaan proyek itu nantinya diampu oleh Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Jogja. 

Kepala DPUPKP Kota Jogja, Hari Setyowacono mengatakan kesepuluh proyek fisik strategis itu meliputi revitalisasi Pasar Sentul; pembangunan entrance dan panggung terbuka Taman Budaya Embung Giwangan; pemeliharaan berkala Jalan Gedongkuning; pembangunan kantor Kemantren Gondomanan; serta pembangunan saluran air hujan Kemantren Gedongtengen dan Gondokusuman. 

Advertisement

Selain itu ada pula rehabilitasi sanitasi Kawasan Kraton Jogja di Kelurahan Patehan; Kelurahan Kadipaten; pembangunan Taman Kanak-kanak Negeri 6 Kota Jogja serta pemeliharaan berkala Jalan Balirejo. “Pada revitalisasi Pasar Sentul dan pembangunan di Embung Giwangan itu akan kami bikin panggung terbuka, parkir dan entrance,” kata Hari, Jumat (3/2/2023). 

BACA JUGA: Catat! Ini Dua Proyek di Kota Jogja Pakai Danais Senilai Rp43 Miliar

Seluruh proyek strategis itu menggunakan dana APBD Kota Jogja 2023 dan sebagian dengan Dana Keistimewaan (Danais). Revitalisasi Pasar Sentul di kawasan cagar budaya Pakualaman dan Taman Budaya Embung Giwangan anggaran pengerjaannya menggunakan Danais.

Termasuk pembenahan sanitasi atau sistem pembuangan air limbah di kawasan cagar budaya Keraton di wilayah Kelurahan Patehan dan Kadipaten. “Di kawasan Kraton kaitannya dengan pembenahan jaringan air limbah. Kami juga sudah mendapatkan izin untuk masuk membenahi jaringan limbah di sana,” ucapnya.

Adapun dalam penetapan sebuah pengerjaan fisik agar masuk dalam proyek strategis yakni dengan mempertimbangkan sejumlah kriteria, di antaranya proyek itu berdampak luas ke masyarakat, berkaitan dengan pelayanan kepada masyarakat dan kegiatan skala besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Alihkan Kuota Haji Reguler ke Furoda, Kemenag Disebut Sembrono

News
| Kamis, 20 Juni 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja, Pasar Beringharjo Gudangnya Makanan Legendaris

Wisata
| Selasa, 18 Juni 2024, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement