Advertisement

Akhir Pekan, BMKG Prediksi Hujan Berkurang di DIY

Anisatul Umah
Jum'at, 03 Maret 2023 - 15:47 WIB
Arief Junianto
Akhir Pekan, BMKG Prediksi Hujan Berkurang di DIY Ilustrasi prediksi cuaca - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY memperkirakan curah hujan di DIY akan berkurang pada akhir pekan ini sampai 5 Maret 2023 mendatang.

Kepala Stasiun Meteorologi BMKG Yogyakarta Warjono mengatakan kondisi ini dipicu pusat tekanan di Utara Australia dan di Samudera Hindia sebelah Barat perairan Australia serta sirkulasi siklonik di sekitar perairan Natuna yang berpotensi menghambat aliran udara basah dari Asia.

Advertisement

"Berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer terkini, BMKG Stamet YIA mengidentifikasi mulai berkurangnya potensi curah hujan dalam periode tiga hari ke depan di wilayah DIY," ucapnya dalam keterangan tertulis, Jumat (3/3/2023).

Pola angin Baratan cukup memengaruhi pola cuaca di sebagian besar wilayah Jawa termasuk wilayah DIY. Meski demikian, profil vertikal kelembaban udara yang cukup tinggi di kisaran 60-80 persen serta labilitas lokal pada siang hari yang cukup kuat turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di wilayah DIY. 

"Kondisi-kondisi tersebut masih dapat meningkatkan potensi cuaca ekstrem dalam periode satu dua hari ke depan," jelasnya.

BACA JUGA: Setelah Hujan Berhari-hari, Cuaca DIY Didominasi Cerah Berawan Jumat Ini

Dia menyampaikan, berdasarkan potensi ini BMKG Stamet YIA memperkirakan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat bahkan disertai petir dan angin kencang mungkin terjadi pada periode 3 Maret–5 Maret 2023.

Pada Jumat (3/3/2023), potensi tersebut mungkin terjadi di wilayah Sleman, Kulonprogo, Bantul bagian Selatan dan Gunungkidul bagian Selatan. Sabtu, (4/3/2203) potensi hujan di Sleman dan Kulonprogo. Terakhir pada Minggu (5/3/2023) nihil potensi hujan.

"Kami mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang dan puting beliung," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement