Advertisement

Revitalisasi Pasar Godean, Maret-April Proses Penyiapan Lahan

Anisatul Umah
Sabtu, 04 Maret 2023 - 23:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Revitalisasi Pasar Godean, Maret-April Proses Penyiapan Lahan Suasana Pasar Godean pasca dirobohkan, Jumat (3/3/2023). - Anisatul Umah/Harian Jogja.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman menyebut tahap demolish (pembongkaran bangunan) Pasar Godean sudah rampung dilaksanakan. Setelah tahap pembongkaran selanjutnya akan dilakukan penyiapan lahan.

Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Sleman Tina Hastani mengatakan proses pengerjaan penyiapan lahan akan berlangsung Maret-April 2023. Setelah lahan siap, proses pembangunan Pasar Godean akan dimulai.

Advertisement

"Harapannya Maret sampai dengan April nanti pengerjaan penyiapan lahan," ucapnya dihubungi, Sabtu (4/3/2023).

Menurutnya proses di Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) sudah tahap lelang pengerjaan pembangunan Pasar Godean. Pemenang tender untuk tempat relokasi sudah ada, sementara penyiapan lahan Pasar Godean dan pembangunan Pasar Godean masih berproses.

"Saat ini masih tahap lelang tender pengerjaan penyiapan lahan oleh pemerintah kabupaten Sleman. Kami berharap di tengah cuaca seperti saat ini pengerjaan bisa tetap tepat waktu dan tepat mutu," jelasnya.

Baca juga: Resmi! Pemerintah Terbitkan Aturan Beli LPG 3 Kg Wajib Pakai KTP

Kini pedagang Pasar Godean menempati pasar transit. Tersebar di tiga titik yakni tanah kas desa (TKD) Sidokarto, Kuliner Belut, dan Pasar Hobbies. Setelah pembangunan lokasi relokasi di Kalurahan Sidoluhur rampung, pedagang akan kembali berpindah.

Lurah Sidokarto, Istiyarto Agus Sutaryo mengatakan pasar transit akan menempati TKD sampai Mei 2023. Pedagang, kata dia, sudah menempati TKD Sidokarto sejak November 2022.

"Sebenarnya tanah ini mau dipakai, pedagang harusnya di Sidoluhur. Tapi belum siap, sementara dana revitalisasi pasar sudah turun," ucapnya.

Menurutnya rencana awal pedagang tidak sampai tujuh bulan menempati TKD Sidokarto. Namun karena sebentar lagi memasuki bulan puasa dan hari raya Idulfitri, maka pedagang akan lanjut berjualan di TKD dulu.

"Banyak yang mau masuk [manfaatkan TKD]. Rencana mau dibangun klinik kesehatan," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement