Advertisement

Jalan Ateka Timur Bantul Ambrol, Pengendara Terperosok Saat Melintas

Andreas Yuda Pramono
Minggu, 05 Maret 2023 - 08:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jalan Ateka Timur Bantul Ambrol, Pengendara Terperosok Saat Melintas Sebuah ruas jalan di Jalan Ateka Timur Padukuhan Tanjung, Kalurahan Bangunharjo, Kabupaten Bantul ambrol pada Jumat (4/3/2023). - Harian Jogja/Andreas Yuda Pramono

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Sebuah jalan di Jalan Ateka Timur, Padukuhan Tanjung, Kalurahan Bangunharjo, Kabupaten Bantul ambrol pada Jumat (4/3/2023). Kendati telah diberi tanda peringatan, lubang tersebut sempat memakan korban. Seorang pemotor terperosok ketika sedang melintas.

Warga sekitar bernama Lia, 40, mengatakan bahwa dirinya sempat mendengar jalan tersebut ambrol.  

Advertisement

“Kemarin pukul 14.30 WIB itu ada suara jedug-jedug. Ternyata sudah ambles separuh. Kalau ada motor melaju kencang, pasti langsung mental. Semakin dilewati kendaraan seperti mobil, lubangnya makin besar. Lalu, jalan ambles itu sudah saya beri tanda juga,” kata Lia ditemui di lokasi kejadian pada Sabtu (4/3/2023).

Lia mengatakan bahwa pada Jumat malam, seorang anak yang sedang mengendarai motor terperosok di lubang tersebut. Padahal, sudah ada garis pembatas agar para pengendara tidak melalui jalan tersebut.

“Di sisi lain jalan ini juga sudah ditutup aksesnya. Dia sudah ngerem, tapi tidak sampai terus terguling ke kanan. Pengendaranya itu masih pelajar umur 16 tahun, dua orang boncengan. Jadi ya nyemplung semua ke lubang,” katanya. Menurut Lia, jalan tersebut ambrol karena ada kebocoran pada pipa limbah.

Baca juga: Waspada! Setiap Pekan Ditemukan Kasus Flu Singapura di Kulonprogo

Warga sekitar, kata Lia langsung melaporkan kejadian tersebut kepada Dinas Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral (DPUP-ESDM) DIY pada Jumat. Hanya saja, karena DPUP-ESDM DIY tidak dapat langsung menangani karena sudah sore.

“Jalan ini merupakan jalan alternatif. Jadi hanya kendaraan yang melintas. Pokoknya jam berangkat Sekolah dan pulang kerja itu rame banget,” ucapnya.

Sementara itu Kepala DPUP-ESDM DIY, Anna Rina Herbranti mengatakan bahwa jawatannya telah menurunkan personil untuk menangani jalan tersebut.

“Perbaikan [hari ini] itu benar dari kami. Pokoknya kami akan segera mengatasi [jalan tersebut],” kata Anna dihubungi pada Sabtu (4/3/2023).

Anna menjelaskan bahwa di bawah jalan tersebut terdapat saluran pipa limbah Sewon. Terangnya, jawatannya sedang mencari penyebab ambrolnya jalan tersebut.

“Itu saluran pipa Sewon untuk limbah. Tapi secara teknis, kami masih mencari penyebabnya kenapa sampai amblas begitu. Kemudian akan kami lakukan penanganan sementara agar aksesibilitas masyarakat tetap berjalan baik. Segera kami atasi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement