Advertisement

Kantin SMPN 4 Samigaluh Terbakar, Ini Penyebabnya...

Catur Dwi Janati
Senin, 06 Maret 2023 - 16:37 WIB
Arief Junianto
Kantin SMPN 4 Samigaluh Terbakar, Ini Penyebabnya... Petugas mendatangi lokasi kantin sekolah terbakar pada Minggu (5/3/2023). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO — Kantin Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Samigaluh terbakar, Minggu (5/3/2023) sekitar pukul 13.30 WIB. Kebakaran yang melanda kantin di SMP yang berada di Gegerbajing, Pagerharjo, Samigaluh, tersebut diduga akibat korsleting listrik.

Kasi Humas Polres Kulonprogo, Iptu Triatmi Noviartuti menerangkan menjelaskan kebakaran itu awalnya diketahui oleh pasutri penjaga sekolah, yakni Ahmad, 24, dan Kuni, 23. Sekitar pukul 09.00 WIB, ketika berada di depan kantin dan membikin kopi, keduanya mendengar suara mirip dari dalam rumah. "Keduanya lantas mengecek bagian dalam kantin dan mendapati api sudah menyala di atas lemari baju yang terdapat tumpukan tas," kata Novi, Minggu (5/3/2023) malam.

Advertisement

Melihat si jago merah mulai berkobar, warga tersebut lantas berteriak meminta pertolongan. Pada momen itu, saksi sempat mengamankan kompor dan tabung gas untuk dibawa keluar. "Setelah itu saksi berlari ke meteran listrik untuk mematikan arus listrik, kemudian dibantu oleh warga bersama-sama memadamkan api," ujar dia.

BACA JUGA: Ada 19 Orang Meninggal Dunia akibat Kebakaran Plumpang

Sumber api diduga bersumber dari korsleting listrik yang ada di atas almari baju. Pasalnya di atas lemari terdapat kabel yang menjuntai, percikan api lantas jatuh di atas almari. Sedangkan di atas lemari terdapat tumpukan tas yang terbuat dari nilon. "Api merembat ke sebelah almari, ada tumpukan kasur busa dan kapas," terangnya.

Akibat insiden ini, barang berharga milik korban terbakar. Di antaranya dua buah BPKB, dua buah buku nikah, KTP, SIM, kartu ATM, kartu BPJS, ijazah sekolah, Kartu Keluarga (KK), Akta kelahiran. "Kerugian diperkirakan kerugian material sekitar Rp10 juta. Tidak ada korban jiwa atas insiden ini," jelasnya.

"Polsek Samigaluh memberikan pelayanan dengan membuatkan dan mengantar surat-surat yang digunakan untuk kepentingan pengurusan surat-surat yang terbakar," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement