Advertisement

Bupati Sleman Keluarkan Edaran Penghentian Aktivitas Warga di Area Rawan Bencana Merapi

Catur Dwi Janati
Rabu, 15 Maret 2023 - 18:37 WIB
Bhekti Suryani
Bupati Sleman Keluarkan Edaran Penghentian Aktivitas Warga di Area Rawan Bencana Merapi Erupsi Gunung Merapi - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN– Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menerbitkan SE No.014/2023 tentang Penghentian Aktivitas Masyarakat di Alur Sungai yang Berhulu di Gunung Merapi. Ada beberapa poin yang dicantumkan dalam edaran tersebut.

Dalam edaran tersebut ada dua poin imbauan yang disampaikan Bupati Kustini. Pertama, untuk memberi rasa aman dan mengurangi dampak risiko Gunung Merapi, Kustini mengimbau masyarakat dan pelaku usaha agar tidak melakukan kegiatan atau aktivitas apapun di daerah potensi bahaya. Terutama di alur sungai yang berhulu di Gunung Merapi. Meliputi sektor barat daya yakni Sungai Krasam dan Bedog sejauh tujuh kilometer, Sungai Boyong sejauh lima kilometer, sektor tenggara Sungai Gendol lima kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Advertisement

Imbauan ini ditujukan hingga situasi dinilai aman. "Sampai dengan situasi aman dari ancaman bahaya Erupsi Gunung Merapi," terangnya dikutip pada Rabu (15/3/2023).

Selain itu Kustini dalam edaran tersebut menyampaikan bila BPBD Sleman, Pemerintah Kapanewon dan Pemerintah Kalurahan di kawasan rawan bencana III Gunung Merapi untuk bersama-sama dengan instansi terkait segera melakukan upaya mitigasi bencana.  

BACA JUGA: Jelang Puasa, Harga Telur Hingga Cabai di Kota Jogja Meroket

"Upaya mitigasi bencana dengan melakukan kesiapsiagaan kedaruratan dalam menghadapi ancaman bahaya Erupsi Gunung Merapi yang terjadi saat ini dan memantau aktivitas masyarakat di aliran sungai yang berhulu di Gunung Merapi sampai situasi aman kembali," tegasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ini Keunggulan Gedung BPJS Kesehatan di IKN

News
| Jum'at, 01 Maret 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Kegiatan Spiritual dan Keagamaan Jadi Daya Tarik Wisata di Candi Prambanan

Wisata
| Kamis, 29 Februari 2024, 11:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement