Advertisement

Belum Semua Kalurahan di Gunungkidul Salurkan BLT Dana Desa

David Kurniawan
Rabu, 15 Maret 2023 - 17:27 WIB
Arief Junianto
Belum Semua Kalurahan di Gunungkidul Salurkan BLT Dana Desa Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL — Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kalurahan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMKP2KB) Gunungkidul mencatat belum semua kalurahan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa. Pasalnya, hingga Rabu (15/3/2023) pagi yang dilaporkan telah mencairkan baru 35 kalurahan.

Adapun 93 kalurahan masih menunggu pencairan Dana Desa dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN). Sedangkan, 16 kalurahan lainnya masih dalam proses pengurusan untuk pencairan Dana Desa.

Advertisement

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat, DPMKP2KB Gunungkidul, Subiyantoro mengatakan pencairan BLT Dana Desa bisa dibuat setiap bulan. Namun demikian, prosesnya di Gunungkidul lebih memilih dilaksanakan setiap tiga bulan sekali.

BACA JUGA: 2 Cara Mudah Mengecek Penerima BLT BBM 2022 Rp600.000

Menurut dia, dari 144 kalurahan, sebanyak 35 kalurahan telah menyalurkan bantuan tersebut. “Untuk 93 kalurahan masih proses pencairan anggaran dan mudah-mudahan minggu ini bisa turun dan disalurkan. Setelah itu, kami mengajukan 16 kalurahan tersisa kami ajukan untuk pencairan,” katanya, Rabu siang.

Subiyantoro mengakui pencairan BLT Dana Desa tidak bisa serempak. Hal ini dikarenakan, prosesnya sangat bergantung dengan keaktifan masing-masing pamong kalurahan untuk mengurusnya. “Semakin aktif, maka proses pencairannya semakin cepat,” katanya.

Lurah Bendung, Semin, Didik Rubiyanto mengatakan, pihaknya sudah mencairkan termin pertama BLT Dana Desa di 2023. Total ada 40 Kepala Keluarga di Kalurahan Bendung yang menerima bantuan ini. “Tidak ada masalah karena di Bendung sudah dicairkan,” katanya.

Menurut dia, pencairan BLT Dana Desa dilaksankaan setiap tiga bulan sekali. Oleh karena itu, setiap keluarga penerima manfaatkan mendapatkan bantuan uang tunai sebesar Rp900.000 untuk sekali pencairan.

“Per bulannya memperoleh Rp300.000. Berhubung dirapel setiap tiga bulan, maka bantuan yang diperoleh sebesar Rp900.000 untuk sekali pencairan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement