Advertisement

Ribuan Umat Hindu Gelar Tawur Agung di Prambanan

Lugas Subarkah
Rabu, 22 Maret 2023 - 07:07 WIB
Bhekti Suryani
Ribuan Umat Hindu Gelar Tawur Agung di Prambanan Peserta Mandiri Yogya Marathon 2018 melintas di kawasan Candi Prambanan, Minggu (15/4 - 2018).Bisnis Indonesia/Nurul Hidayat

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Ribuan umat hindu dari DIY, Jawa Tengah dan sekitarnya menggelar upcara Tawur Agung di Candi Prambanan, Selasa (21/3/2023). Upacara yang merupakan rangkaian peringatan Nyepi Tahun Saka 1945 ini baru kembali digelar setelah dua tahun absen akibat pandemi.

Upacara ini diawali dengan prosesi Mendak Tirta, yakni mengelilingi Candi Siwa, Wisnu dan Brahma sebanyak tiga kali. Sejumlah gunungan dan ogoh-ogoh turut diarak dalam prosesi ini. Ribuan umat Hindu yang mengikuti prosesi ini nampak begitu khidmat.

Advertisement

Hari Raya Nyepi tahun ini yang jatuh pada 22 Maret, mengangkat tema Melalui Dharma Agama dan Dharma Negara Kita Sukseskan Pesta Demokrasi Indonesia Dalam Bingkai Moderasi Beragama Menerapkan Transformasi Digital.

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, yang hadir dalam upacara ini, menuturkan pada momentum tahun baru saka ini, umat Hindu akan melaksanakan Catur Brata Penyepian. “Tahun ini sangat istimewa karena saudara umat Muslim akan melaksanakan ibadah bulan ramadan,” katanya.

Hadirnya hari suci yang secara berurutan bagi agama-agama di Indonesia, mengisyaratkan untuk pengendalian diri, menandakan umat manusia diingatkan oleh Penguasa Semesta Alam untuk menjaga perilaku agar tetap terkendali sesuai ajaran agama masing-masing.

“Tema ini jarang diambil dalam peringatan hari suci umat beragama lain, tapi umat Hindu sudah mendahului. Dari tema ini saya menangkap bahwa kita semua akan diajak menjalankan kewajiban sebagai umat beragama sekaligus warga negara mensukseskan pesta demokrasi 2024,” ujarnya.

BACA JUGA: Pemkot Larang Angklung di Malioboro karena Dianggap Bukan Tradisi Jogja, Ini Tanggapan Etnomusikolog

Momen hari suci ini menjadi strategi umat Hindu. Dengan kontemplasi dalam Catur Brata Penyepian, umat Hindu mampu mengendalikan diri, sabar dan memiliki hati yang damai. “Dengan ini umat Hindu mampu berkontribusi menciptakan kedamaian dalam mewujudkan pesta demokrasi yang berkualitas,” kata dia.

Ia berpesan kepada seluruh masyarakat agar tidak menggunakan agama sebagai alat untuk memperjuangkan kepentingannya. “Tidak menjadikan agama sebagai politik identitas yang membuat agama yang suci terkotori kepentingan duniawi,” ungkapnya.

Catur Brata Penyepian ini diharapkan menjadi momen untuk instrospeksi diri terkati apa yang sudah dilakukan di tahun-tahun sebelumnya. “Meningkatkan kualitas diri kita baik dalam berhubungan dengan tuhan, dengan sesama manusia dan dengan alam semesta,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement