Advertisement

Tak Mau Ada Insiden saat Libur Lebaran, Ini yang Disiapkan Pelaku Jip Merapi

Lugas Subarkah
Minggu, 02 April 2023 - 16:47 WIB
Arief Junianto
Tak Mau Ada Insiden saat Libur Lebaran, Ini yang Disiapkan Pelaku Jip Merapi Ilustrasi jip wisata di Lereng Merapi, Sleman. - Harian Jogja/Lajeng Padmaratri

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Selama Ramadan, tingkat kunjungan wisata di wilayah Sleman tidak sebesar bulan-bulan lainnya. Momentum ini dimanfaatkan pelaku wisata jip lava tour lereng Merapi untuk mengecek kesiapan kendaraan mereka.

Ketua Asosiasi Jeep Wisata Lereng Merapi, Dardiri menjelaskan selama Ramadan, wisata jip lereng Merapi tetap beroperasi, tetapi tidak semuanya. “Kalau ada ya kami jalankan, biasanya masih ada satu atau dua,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Advertisement

Adapun untuk jip yang tidak beroperasi biasanya akan memanfaatkan momentum ini untuk pengecekan kesiapan kendaraan. “Ada yang pengecatan, ada yang pembenahan. Dari segi engine-nya, joknya, rem, kebanyakan pada dibenahi,” katanya.

BACA JUGA: Disebut Banyak yang Tak Layak Jalan, Ini Tanggapan Pengelola Jip Wisata di Bantul

Pengecekan dan pembenahan ini dilakukan untuk menghadapi musim libur Lebaran yang diperkirakan ada lonjakan wisatawan. Selain karena sudah tidak pandemi, hal ini juga disebabkan erupsi besar Merapi pada 11 Maret lalu, yang membuat wisatawan penasaran.

Saat terjadi rentetan awan panas tersebut, wisatawan menurun drastis lantaran khawatir kondisi di lereng Merapi. “Saya yakin nanti saat libur Idulfitri ini pasti membludak. Erupsi Merapi sebenarnya malah bagus, pada pengen melihat pascaerupsi Merapi, biasanya gitu,” ungkapnya.

Pengecekan kendaraan ini juga melibatkan instansi terkait seperti Dinas Perhubungan dan lainnya. “Pengecekan dari dinas terkait seperti Polresta Sleman, Dinas Perhubugan, Satpol PP, Dinas Pariwisata, itu nanti hasilnya disampaikan,” kata dia.

Kabid Angkutan dan Keselamatan Dinas Perhubungan Sleman, Marjana, menuturkan pihaknya telah melakukan ramcek untuk jip wisata. “Kami sudah cek terutama kesiapan kendaraan wisata, di Pakem dan Prambanan, jeep wisata,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya bersama Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) melakukan ramcek untuk kendaraan bus. “Bus untuk angkutan itu, bersama Dishub DIY dan BPTD kami sudah cek di pool-nya,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan Gedung DPR di IKN Dimulai Tahun Depan

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement