Advertisement

TPI Congot Selesai Dibongkar, DKP Kulonprogo Siapkan Pengadaan

Andreas Yuda Pramono
Senin, 10 April 2023 - 19:07 WIB
Arief Junianto
TPI Congot Selesai Dibongkar, DKP Kulonprogo Siapkan Pengadaan Reruntuhan TPI Congot. - Harian Jogja/Andreas Yuda Pramono

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Congot telah selesai dibongkar. Saat ini Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kulonprogo sedang memasukkan dokumen ke bagian Badan Layanan Pengadaan (BLP).

Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Kecil dan Pengelolaan Pelelangan Ikan Dinas Kelautan dan Perikanan Kulonprogo, Wakhid Purwosubiantoro mengatakan pembongkaran TPI Congot sudah dimulai sejak dua minggu lalu.

Advertisement

“Saat ini, setelah selesai pembongkaran dari pihak ketiga, kami sudah memasukkan dokumen pengadaan ke BLP,” kata Wakhid, Senin (10/4/2023).

Wakhid menambahkan bahwa setelah dokumen pengadaan tersebut masuk ke BLP, maka DKP tinggal menunggu hasil lelang pengerjaan TPI Congot yang baru.

Dia mengatakan pembangunan TPI Congot yang baru akan memakan waktu selama 120 hari atau empat bulan.

“Setelah TPI Congot, kami baru akan membangun TPI Trisik. Khusus untuk TPI Trisik tahun ini DED [Detail Engineering Design] kami buat. Persis setelah TPI Congot selesai dibangun. Kalau pembangunan infrastrukturnya baru tahun depan,” katanya.

Lebih jauh, Wakhid mengatakan TPI Congot yang baru tidak boleh hanya digunakan untuk pelelangan ikan, tetapi juga sentra kuliner.

Tidak hanya itu, lintasan lari laun atau jogging track juga akan dipersiapan menyusul tempat rekreasi yang akan dibangun di sekitar TPI Congot. “Wifi juga akan kami sediakan di TPI Congot,” ucapnya.

Sebelumnya, Wakhid menjelaskan bahwa TPI Congot yang akan dibangun tersebut menjadi bagian dari TPI Hebat yang dibangun di empat lokasi di Kulonprogo. Hebat merupakan singkatan dari higienis, ekonomis, bersih, aman, dan tertib.

Dengan perbaruan TPI tersebut, DKP Kulonprogo berharapa budaya bahari DIY dapat meningkat. Selain itu TPI Hebat dapat menjadi destinasi wisata baru menyusul agenda edukasi yang direncanakan melalui TPI. “Pembangunan TPI Congot itu menggunakan dana keistimewaan [Danais] senilai Rp1,7 miliar,” lanjutnya.

Produksi ikan di Kulonprogo juga akan digenjot melalui serangkaian program seperti peningkatan kapasistas sumber daya Manusia (SDM) nelayan yaitu bimbingan teknis, pelatihan, sekolah lapang, magang, dan kunjungan lapangan.

“Sebagai contoh akan ada pelatihan penangkapan ikan, pelatihan perbengkelan PMT [perahu motor tempel], pelatihan laminasi PMT, pelatihan meteorologi, dan navigasi. Pelatihan pelelangan ikan, sekolah lapang cuaca bagi nelayan, dan magang nelayan milenial,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement