Advertisement

Salut, Gunungkidul 8 Tahun Beruntun Raih Predikat WTP dari BPK

David Kurniawan
Rabu, 12 April 2023 - 21:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Salut, Gunungkidul 8 Tahun Beruntun Raih Predikat WTP dari BPK Bupati Gunungkidul, Sunaryanta (tengah) meninjau salah satu produsen telor di Kalurahan Semanu, Semanu, Senin (4/4/2022). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, Gunungkidul – Pemkab Gunungkidul kembali meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Prestasi ini diraih pertama kali di 2015 lalu dan hingga tahun 2023 ini.

Sekretaris Daerah Gunungkidul, Sri Suhartanta mengaku bangga dengan raihan penghargaan dari BPK. Pasalnya, opini WTP telah diraih secara beruntun sejak 2015 lalu. “Ini sudah kedelapan kalinya secara berurutan,” kata Sri Suhartanta kepada wartawan, Rabu (12/4/2023).

Advertisement

Dia menjelaskan, laporan hasil pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2022 diserahkan langsung oleh Kepala BPK Perwakilan DIY, Widi Hidayat. Predikat ini diharapkan dapat medorong dan memotivasi Pemkab untuk terus memperbaiki pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Tidak boleh puas dengan capaian ini karena kinerja harus terus ditingkatkan karena sebagai bentuk akuntabilitas dan transparansi dalam penggunaan keuangan,” kata mantan Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah ini.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta menambahkan, predikat WTP yang diraih secara beruntun selama delapan tahun terakhir merupakan hasil kerja keras dari seluruh elemen pegawai. Ia berharap capaian tersebut bisa terus ditingkatkan demi terwujudnya pemerintahan yang menganut sistem transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan.

“Tentunya kinerja dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat juga butuh ditingkatkan,” katanya.

Untuk kinerja, Sunaryanta mengakui terus melakukan pemantauan. Salah satunya dengan melihat aduan dari masyarakat yang disalurkan melalui e-lapor.

“Kalau banyak aduan, maka harus ada perbaikan yang signifikan. Namun, kalau yang masuk sedikit, maka kinerja pemerintahan sudah berjalan dengan baik,” katanya.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengucapkan terima kasih kepada BPK yang telah menyerahkan LHP tentang LKPD milik Pemkab Gunungkidul. Sunaryanta tidak menampik ada sejumlah catatan yang diberikan dalam pemeriksaan tersebut dan berjanji akan memperbaiki secepatnya.

“Kepada Kepala BPK kami ucapkan terima kasih atas segala masukan, koreksi dan rekomendasi perbaikan selama proses pemeriksaan berlangsung,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah, Bos Maskapai Penerbangan Terlibat

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement