Advertisement

Rembag Kaistimewan, UMKM di DIY Kudu Naik Kelas

Media Digital
Kamis, 13 April 2023 - 20:57 WIB
Maya Herawati
Rembag Kaistimewan, UMKM di DIY Kudu Naik Kelas Hana Fais Prabowo (ketiga dari kiri), Aris Eko Nugroho (keempat dari kiri), Wahyu Trihatmojo (kedua dari kiri), dan Sri Ratna Sari (kiri) dalam Rembag Kaistimewan bertajuk UMKM Bangkit dan Melesat bersama Inkubator Bisnis Sibakul Jogja, Kamis (14/4/2023). - Harian Jogja - Stefani Yulindriani

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Pemda DIY melalui Paniradya Kaistimewan terus berupaya mendukung dan mendorong perkembangan usaha kecil dan menengah (UKM) yang ada di Bumi Mataram. Salah satu bentuk dukungan diwujudkan melalui pendampingan dan dukungan anggaran dari dana keistimewaan (danais)

Paniradya Pati Paniradya Kaistimewan DIY, Aris Eko Nugroho menyatakan jajarannya ikut terlibat dengan mendanai inkubator bisnis untuk pelaku UKM yang selama ini dijalankan Dinas Koperasi dan UKM DIY melalui Inkubator Bisnis Sibakul Jogja. “Inkubator bisnis yang didanai menggunakan danais telah dimulai di 2023 ini. Kebijakan ini merupakan bentuk dukungan terhadap program peningkatan kapasitas pelaku UKM,” kata Aris dalam Rembag Kaistimewan bertajuk UMKM Bangkit dan Melesat bersama Inkubator Bisnis Sibakul Jogja, Kamis (14/4/2023).  

Advertisement

Aris mengatakan pendampingan bagi pelaku UKM selain dilakukan Dinas Koperasi dan UKM DIY, kini juga telah merambah ke tiap kalurahan. Proses pendampingan pendaftaran usaha, dan konsultasi usaha kini bisa dilakukan di tingkat kalurahan. Menurutnya, upaya itu merupakan bentuk pemerintah untuk mendukung pengembangan UKM. “Kami berharap UMKM di Jogja naik kelas,” katanya.

Hana Fais Prabowo, Fungsional Pengembangan Kewirausahaan Ahli Muda Dinas Koperasi dan UKM DIY menyampaikan melalui program Inkubator Bisnis Sibakul Jogja, pelaku UKM yang telah terdaftar di Sibakul Jogja akan didampingi secara intensif oleh sejumlah mentor bisnis.

“Di inkubasi bisnis ini pelaku UKM mendapatkan lingkungan pembinaan yang lebih berkelanjutan, lebih berstruktur. Kita tahu program inkubasi bertujuan untuk memberikan lingkungan yang baik untuk akselerasi, pertumbuhan peserta inkubasi,” katanya.  Fais menyampaikan melalui program tersebut, setiap pelaku UKM akan didampingi secara khusus oleh mentor bisnis yang berpengalaman.

Selanjutnya, Wahyu Trihatmojo, Konsultan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) menyampaikan penting bagi pelaku usaha berada di lingkungan yang mendukung pengembangan usahanya. Melalui inkubator bisnis tersebut, Wahyu menilai pelaku UKM akan mendapatkan dukungan dan pendampingan dari mentor yang dapat meningkatkan usahanya, sehingga pelaku UKM akan mendapatkan manfaat apabila mengikuti inkubator bisnis tersebut.

Salah satu peserta inkubator bisnis, Sri Ratna Sari pemilik UKM Pancal Bike Craft menyampaikan dulu sebelum mengikuti inkubator bisnis dia belum mengetahui secara mendalam terkait pengelolaan bisnis. Melalui pendampingan, Sri menjadi lebih memahami mengenai manajemen bisnisnya. (BC)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 17 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kementerian PUPR Akan Buka 6.300 Formasi CPNS dan 19.900 PPPK, Ini Rinciannya

News
| Sabtu, 20 April 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement