Advertisement

Ratusan Personel Dikerahkan untuk Pengamanan Lebaran 2023 di Gunungkidul

David Kurniawan
Kamis, 13 April 2023 - 14:57 WIB
Sunartono
Ratusan Personel Dikerahkan untuk Pengamanan Lebaran 2023 di Gunungkidul Ilustrasi pos pengamanan Lebaran 2023. / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Sedikitnya 306 personel dari Polres Gunungkidul akan dikerahkan untuk pengamanan Lebaran 2023. Selain menerjunkan personel, sebanyak tujuh pos pengamanan dan 29 pos jaga atur juga didirikan di wilayah Gunungkidul.

Kapolres Gunungkidul, AKBP Edy Bagus Sumantri menyatakan kesiapannya untuk personel pengamanan Lebaran 2023. Adapun pelaksanannya akan melibatkan tim gabungan mulai dari TNI, Polri, petugas dari lingkup Pemkab Gunungkidul hingga relawan PMI.

Advertisement

Menurut dia, untuk personel di internal kepolisian sudah disiagakan sekitar 306 petugas. “Kalau total personel gabungan ada sekitar 500-an orang. Untuk dari kepolisian ada 306 personel,” kata Edy kepada wartawan, Kamis (13/4/2023).

BACA JUGA : 148.884 Polisi Disiagakan untuk Menjaga Lebaran 2023

Ia menjelaskan, personel yang diterjunkan akan melakukan pengamanan selama libur Lebaran. Pelaksanaan bertujuan mewujudkan kelancaran arus lalu lintas selama mudik Lebaran serta mengurangi risiko kecelakaan.

Untuk memaksimalkan dalam pengamanan, rencananya dibangun tujuh pos pengamanan. Adapun lokasinya tersebar di beberapa lokasi mulai dari Hargodumilah, Patuk; Bundaran Tobong Gamping, Playen, Pasar Semin; Pasar Argosari, Terminal Dhaksinarga hingga rest area Swanayasa di Jalur Jalan Lintas Selatan di Kalurahan Nglindur, Girisubo. Selain itu, juga ada 29 pos jaga atur untuk mengatur lalu lintas sehingga tidak terjadi penumpukan arus kendaraan di titik-titik rawan.

“Selain di jalur-jalur utama, pos ini juga berada di kawasan wisata,” katanya.

Edy berharap dengan persiapan ini, maka pelaksanaan libur Lebaran bisa berjalan dengan lancar, aman dan nyaman. “Bagi para pemudik, saya mengimbau untuk benar-benar menjaga kondisi tubuh. Selain itu, kendaraan yang dipakai juga harus dicek secara berkala,” katanya.

Kasatlantas Polres Gunungkidul, AKP A Purwanta mengatakan, upaya pengamanan akan dilaksanakan secara maksimal. Berbagai persiapan telah dilakukan mulai dari pengecekan jalur hingga pembangunan pos pengamanan.

BACA JUGA : 4 Posko Mudik di Sleman dan Strategi Pengalihan Arus

“Pengamanan dimulai 18 April hingga 1 Mei mendatang,” katanya.

Menurut dia, untuk kelancaran arus lalu lintas juga menyiapkan rekayasa agar di sejumlah titik, salah satunya di kawasan wisata. “Kami juga menyiagakan tim urai di beberapa titik vital,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement