Advertisement

Maling Spesialis Ternak di Gunungkidul Diringkus Polisi

David Kurniawan
Selasa, 02 Mei 2023 - 14:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Maling Spesialis Ternak di Gunungkidul Diringkus Polisi Kapolres Gunungkidul AKBP Edy Bagus Sumantri memberikan keterangan aksi pencurian ternak yang dilakukan AP dalam jumpa pers di Aula Mapolres Gunungkidul. Selasa (2/5 - 2023)

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Petugas kepolisian dari Polres Gunungkidul mengungkap kasus pencurian sapi di Kalurahan Jepitu, Girisubo yang dilakukan AP,47, warga Banyumas, Jawa Tengah. Modus pencurian dengan mengajak warga mengambil ternak milik orang tuanya yang dipelihara di ladang.

Kapolres Gunungkidul, AKBP Edy Bagus Sumantri mengatakan, pengungkapkan  kasus pencurian sapi di Kalurahan Jepitu bermula dari kecurigaan warga terkait dengan gerak-gerik AP yang berada di kandang sapi milik salah seorang warga di ladang pada 22 April 2023. Mengetahui perihal ini Lurah Jepitu, Sudarta langsung menghubungi warga dan petugas dari Polsek Girisubo untuk penangkapan.

Advertisement

“Aksi pencurian sapi akhirnya bisa digagalkan dan pelaku bisa ditangkap,” kata Edy kepada wartawan dalam jumpa pers yang digelar di aula Mapolres Gunungkidul, Selasa (2/5/2023).

Dia menjelaskan, aksi pencurian yang dilakukan bukan yang pertama kali. Pasalnya, pada Selasa (12/4/2023), pelaku bersama ketiga temannya juga melancarkan aksi yang sama.

Namun demikian, aksi ini juga digagalkan warga karena pikap pengangkut sapi terjebak dalam kubangan lumpur sehingga tidak bisa meninggalkan lokasi. “Tidak kapok dan ternyata pelaku mengulangi aksinya lagi,” kata Edy.

Hasil dari pemeriksaan awal, tersangka AP merupakan residivis kasus pencurian sapi di 2010 lalu dan mendapatkan hukuman penjara satu tahun di Lapas Wonosari. Modus pencurian dengan mengajak temannya untuk mengambil sapi yang diakui milik orang tuanya.

“Pada 2021 lalu, pelaku sempat mencuri lagi, tapi tidak dilaporkan ke polisi. Jadi, kalau dihitung sudah tiga kali mencuri hingga akhirnya ditangkap,” katanya.

Selain tersangka, polisi juga mengamankan satu unit pikap L300 R 1816 ND; satu lembar terpal biru dan dua tambang warna putih kombinasi biru. “Atas perbuatannya ini pelaku dijerat Pasal 363 jo Pasal 53 KUHP dengan ancaman penjara maksimal sembilan tahun,” katanya.

Lurah Jepitu, Sudarta mengatakan, tersanga AP dulunya merupakan warga Jepitu namun sekarang telah pindah domisili di Banyumas, Jawa Tengah. Menurutnya, pelaku sudah sering mencuri ternak milik warga.

“Kepada temannya, pelaku mengaku akan mengambil ternak milik orang tuanya. Temannya pun percaya karena dulunya pernah tinggal di Jepitu,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement