Advertisement

Awas! Baliho Reklame di Gedongkuning Ini Rawan Ambruk

Yosef Leon
Rabu, 03 Mei 2023 - 19:07 WIB
Arief Junianto
Awas! Baliho Reklame di Gedongkuning Ini Rawan Ambruk Pengguna jalan melintas di kawasan baliho yang diberi surat peringatan oleh Satpol PP Bantul di kawasan perempatan Gedongkuning, Rabu (3/6/2023). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Sebuah baliho reklame di sekitar simpang empat Gedongkuning dinilai rawan ambruk dan membahayakan pemakai jalan. Itulah sebabnya, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bantul mengeluarkan surat peringatan terhadap pemilik baliho tersebut. 

Kepala Bidang Penegakan Perundang-Undangan Satpol PP Bantul, Ribut Bimo Haryo Tejo mengatakan di musim pancaroba ini pihaknya menggalakkan patroli baliho yang diduga bermasalah untuk mencegah munculnya insiden yang tidak diinginkan. "Sekarang kan sering hujan disertai angin, makanya kami menyisir baliho yang sekiranya membahayakan," katanya Rabu (3/5/2023). 

Advertisement

Baliho yang berlokasi di perempatan Gedongkuning, Kapanewon Banguntapan itu dinilai terlalu berisiko kepada pengguna jalan di sekitarnya. Apabila terjadi hujan deras disertai angin kencang ditakutkan baliho itu roboh dan membahayakan warga sekitar. "Kami menempel surat peringatan di baliho yang ditujukan kepada pemilik dan meminta agar mengkonfirmasi ke kami," kata dia. 

BACA JUGA: Baliho Bermasalah di Bantul Dibongkar Aparat

Surat peringatan itu berlaku tujuh hari sejak diterbitkan. Pemilik baliho harus menghubungi Sat Pol PP setempat untuk menunjukkan izin dan juga pembayaran pajaknya. Jika dalam durasi waktu yang ditentukan tidak juga diindahkan maka akan dilakukan tindakan. 

"Sesuai dengan aturan Perda Bantul No 20/2015 tentang Penyelenggaraan Reklame dan Media Informasi kalau tidak diindahkan maka akan kami eksekusi atau dibongkar," jelasnya. 

Pihaknya menyebut masih akan terus menyisir baliho yang dinilai rawan dan berpotensi roboh lantaran musim pancaroba masih berlangsung beberapa hari ke depan. "Akan kami lakukan patroli terus bersama petugas di lapangan, jangan sampai ada insiden yang membahayakan warga," pungkasnya.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Tentara Angkatan Laut Amerika Serikat Ikuti Pelatihan di di Australia

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement