Advertisement

Jalan Rusak Tak Kunjung Ditindaklanjuti Pemerintah, Warga Ngawen Urunan

David Kurniawan
Senin, 08 Mei 2023 - 15:37 WIB
Arief Junianto
Jalan Rusak Tak Kunjung Ditindaklanjuti Pemerintah, Warga Ngawen Urunan Proses perbaikan jalan rusak di Dusun Kaliwuluh, Gambarsari dan Wonosari yang dilakukan secara swadaya. Minggu (7/5/2023). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Warga di Dusun Wonosari, Kaliwuluh dan Gambarsari di Kalurahan Jurangjero, Ngawen memperbaiki jalan kabupaten mereka yang rusak secara swadaya. Perbaikan itu sudah dimulai sejak Minggu (7/5/2023).

Kepala Dusun Wonosari, Gilang Aji Prasetyo mengatakan di wilayahnya ada melintas jalan kabupaten yang menuju ke Kapanewon Gedangsari. Meski demikian, kondisinya jauh dari standar karena selain rusak, juga masih ada yang berupa cor blok.

Advertisement

“Tentunya kami mengharapkan kondisi jalan yang lebih baik lagi. Apalagi untuk di Dusun Kaliwuluh ada yang ambles dan belum diperbaiki hingga sekarang,” kata Gilang kepada wartawan, Senin (8/5/2023).

Dikarenakan belum ada tindak lanjut untuk perbaikan, maka warga berinisiatif iuaran untuk memperbaiki secara swadaya. “Total ruas yang rusak sekitar 10 kilometer dan kami sudah mengupayakan perbaikan secara swadaya mulai Minggu,” ungkapnya.

BACA JUGA: Ada Ratusan Kilometer Jalan Rusak di DIY, APBD Hanya Mampu Perbaiki 8,3 Kilometer

Gilang memastikan iuran untuk perbaikan dilakukan secara sukarela. Ia bersyukur antusias warga sangat baik karena ada bantuan sehingga proses perbaika dapat diwujudkan. “Ada yang membantu pasir, tetapi ada juga yang memberikan semen,” katanya.

Hal senada diungkapkan oleh Kepala Dusun Kaliwuluh Suwardi. Menurut dia, status jalan yang diperbaiki secara swadaya warga di tiga dusun di Kalurahan Jurangjero merupakan jalan kabupaten. “Perbaikan dilakukan agar aktivitas bisa lebih lancar,” katanya.

Meski sudah dilakukan perbaikan secara swadaya, ia berharap pemkab bisa memperbaiki jalan di wilayahnya. “Yang paling mendesak adalah jalan ambles di dusun kami. Memang sudah disurvei, tetapi sekarang belum diperbaiki,” katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul, Irawan Jatmiko mengatakan, ruas jalan di kabupaten masih banyak yang rusak. Hal ini juga terjadi di Dusun Kaliwuluh, Jurangjero, Ngawen. “Jalan merupakan jalur menuju ke Gedangsari,” katanya.

Irawan mengatakan, untuk perbaikan sudah menganggarkan Rp140 juta. Adapun titik yang disasar berada di jalan yang ambles di Dusun Kaliwuluh. “Memang anggarannya masih terbatas sehingga perbaikan dilakukan bertahap,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement