Advertisement

Proyek Jembatan Srandakan 3 Akan Dilelang Bulan Depan

Stefani Yulindriani Ria S. R
Kamis, 11 Mei 2023 - 18:17 WIB
Maya Herawati
Proyek Jembatan Srandakan 3 Akan Dilelang Bulan Depan Ilustrasi Jembatan. Jembatan Srandakan 3 masuk proses lelang bulan depan. / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Jembatan Srandakan 3 atau Jembatan Pandansimo akan dilelang bulan depan. Jembatan ini diproyeksikan akan selesai tahun depan, saat ini tengah dalam proses persiapan administrasi sebelum masuk lelang.

Uline Sariska Werdani, PPK Perencanaan DIY, Satker P2JN DIY menyampaikan pihaknya telah menyelesaikan perancangan Detail Engineering Design (DED) Jembatan Srandakan 3 sejak akhir Desember 2022. Meski begitu, setelah tahapan tersebut, pihaknya menyelesaikan sejumlah masukan dari sejumlah pihak terkait desain jembatan hingga awal Mei ini. 

Advertisement

Saat ini, menurut Uline proyek yang dianggarkan Rp846 miliar dari APBN tersebut, telah masuk tahap persiapan lelang. “Kami sedang proses pengajuan administrasi menuju lelang, memang sudah mau segera dilaksanakan,” katanya, Rabu (11/5/2023). 

Setelah tahap persiapan lelang, dia menyampaikan diharapkan proyek Jembatan Srandakan 3 tersebut dapat masuk lelang pada Juni 2023. Terkait berapa lama lelang tersebut akan memakan waktu, dia pun tidak dapat memastikan, karena ditangani langsung oleh Kementerian PUPR. 

BACA JUGA: Kasus Mafia Tanah Kas Desa, Kejaksaan Tinggi DIY Panggil 40 Saksi, Siapa Saja?

“Ini segera dikejar prosesnya, sehingga segera bisa lanjut [lelang], setelah selesai lelang kan pelaksanaan,” katanya. 

Selanjutnya setelah proses lelang, menurutnya diperlukan sekitar 15 bulan untuk pengerjaan fisik proyek Jembatan Srandakan 3 tersebut. Dengan begitu, menurut Ulin proyek tersebut akan selesai pada 2024. 

“Diusahakan [selesainya pekerjaan fisik] sebelum pergantian presiden, targetnya selesai Oktober 2024,” katanya. 

Sebelumnya Gubernur DIY, Sri Sultan HB X menyampaikan sejumlah masukan untuk Jembatan Srandakan 3, antara lain memasukkan unsur lokal pada tampilan jembatan tersebut. Untuk mengakomodasi masukan tersebut, Uline menyampaikan Jembatan Srandakan 3 akan menghadirkan gunungan dengan motif batik khas Jogja di tengah jembatan. Gunungan dimaknai sebagai simbol awal dan akhir dalam pewayangan, dalam hal ini Kabupaten Kulonprogo dimaknai sebagai wilayah perbatasan antar provinsi.

Jembatan Srandakan 3 juga akan berwarna terracotta yang mewakili warna makam raja-raja di Imogiri. Kemudian ada tanaman khas Pantai Selatan didihadirkan di jembatan tersebut, antara lain cemara udang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

OJK Ingatkan Masyarakat berhati-hati dalam Memberikan Informasi Data Pribadi

News
| Minggu, 21 Juli 2024, 02:57 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement