Advertisement

Begini Cara Petugas agar Depan Lapas Wirogunan Tak Dipakai Pacaran

Bernadheta Dian Saraswati
Selasa, 16 Mei 2023 - 14:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Begini Cara Petugas agar Depan Lapas Wirogunan Tak Dipakai Pacaran Lapas Kelas IIA Yogyakarta atau Lapas Wirogunan sisi depan. - Lapas Kelas IIA Yogyakarta

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Lapas Kelas II A Yogyakarta atau Lapas Wirogunan melakukan berbagai upaya agar bangunan baru yang sudah dikembalikan ke fasadnya itu tidak tercemari tindakan yang mengarah ke asusila. Hal itu merespons adanya orang pacaran di depan lapas yang sampai berani berciuman bahkan berpelukan. 

Untuk diketahui, bagian depan Lapas Wirogunan sudah dipugar dan dikembalikan sesuai fasad zaman kolonial Belanda. Tampilannya kini menjadi cantik dengan tambahan ornamen lampu dan kursi. 

Advertisement

Sayangnya, tempat tersebut justru dipakai pasangan muda untuk pacaran saat malam hari. Bukan pacaran yang sekadar ngobrol, namun berbagai sumber menyebut banyak pasangan yang sampai melakukan ciuman bahkan pelukan. 

"Sering bgtt kejadian anak" muda pacaran di depan kantor kuu di dpn halaman lapas Wiroo" . Mereka pacaran kaya ngga pny ettitude sam sekali. Yg cium" an lahh, peluk"an," tulis salah satu sumber yang diunggah Instagram @merapi_uncover.  

Kepala Lapas Kelas II A Wirogunan, Soleh Joko Sutopo mengakui pemugaran gedung yang dibuat menjadi lebih ikonik itu pasti menimbulkan sisi positif dan negatif. "Inilah, semua ada positif negatifnya," tuturnya kepada Harianjogja.com.

Baca juga: Bikin Resah! Muda-Mudi Nekat Ciuman saat Pacaran di Depan Lapas Wirogunan

Tak tinggal diam, pihaknya saat ini sedang merancang cara agar Lapas tidak disalahgunakan ke hal-hal yang mengarah ke tindakan asusila. "Kami selalu melaksanakan kontrol juga kalau malam. Kami kerjasama juga dengan polsek Pakualaman," tutur Soleh.

Imbauan secara lisan dan tulisan sudah dilakukan. Berikut ini foto-foto petugas Lapas saat melakukan kontrol terhadap para pasangan muda yang ada di depan gedung Lapas. Foto-foto bersumber dari Lapas Wirogunan. 

Lapas wirogunan

Dua petugas dengan seragam biru muda dan seragam hitam merupakan pegawai Lapas Kelas IIA Yogyakarta. Setiap malam mereka patroli di depan gedung untuk mengingatkan para muda-mudi agar memanfaatkan gedung lapas sebagaimana mestinya. 

Lapas wirogunan

Petugas mengingatkan para muda-mudi bahwa gedung Lapas bukan tempat untuk melakukan tindakan yang mengarah ke asusila, misalnya ciuman atau berpelukan. 

Lapas

Lapas Wirogunan juga mengingatkan masyarakat melalui sebuah poster yang menggelitik. Poster bergambar dua monyet berciuman tersebut mengingatkan bahwa narapidana saja beretika dan punya rasa malu, sehingga harapannya masyarakat di luar juga lebih beretika. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement