Advertisement

Digelontor Rp1 Miliar, Ini 10 Titik Spamdes yang Disasar Pemkab Gunungkidul

David Kurniawan
Minggu, 21 Mei 2023 - 14:07 WIB
Arief Junianto
Digelontor Rp1 Miliar, Ini 10 Titik Spamdes yang Disasar Pemkab Gunungkidul Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pemkab Gunungkidul mengalokasikan anggaran mencapai Rp1 miliar untuk memperkuat layanan Sistem Penyediaan Air Minum Desa (Spamdes). Total ada 10 Spamdes di 10 kalurahan yang mendapatkan bantuan ini.

Kepala Bidang Cipta Karya, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul, Nanang Irawanto mengatakan, alokasi dana yang disediakan pemkab untuk spamdes bersifat talangan. Pasalnya, setelah program terlaksana akan mendapatkan ganti dari Pemerintah Pusat.

Advertisement

Menurut dia, pagu senilai Rp1 miliar ditargetkan untuk memperluas jaringan spamdes. Diharapkan dengan anggaran ini bisa menambah layanan air bersih ke 500 kepala keluarga baru.

“Program diberikan dalam bentuk bansos. Total ada 10 spamdes di 10 kalurahan yang mendapatkan bantuan Rp2 juta untuk satu sambungan rumah,” katanya, Minggu (21/5/2023).

BACA JUGA: Beralih ke PDAM Bukan Solusi Masalah Air Bersih di DIY

Menurut dia, untuk bantuan di masing-masing kalurahan berbeda-beda sehingga dana yang diterima juga tidak sama. Untuk Spamdes di Kalurahan Bulurejo, Semin sebanyak 35 unit sambungan baru; Kalurahan Giripurwo, Purwosari ada 88 unit; Kalurahan Jurangjero, Ngawen mendapatkan bantuan 55 unit; Kalurahan Kampung, Ngawen sebanyak 97 unit.

Selain itu, bantuan juga diberikan di Kalurahan Nglanggeran, Patuk untuk 12 unit; Kalurahan Nglegi, Patuk ada 64 sambungan; Kalurahan Nglipar, Nglibar sebanyak 52 unit sambungan; Kalurahan Purwodadi, Tepus ada 22 unit. Sedangkan dua lainnya diberikan ke Kalurahan Salam, Patuk untuk 72 sambungan rumah dan Kalurahan Sambirejo, Ngawen sebanyak 55 unit sambungan.

“Sekarang masih dalam proses verifikasi ke calon penerima bantuan,” katanya.

Dia berharap, perluasan jaringan spamdes berjalan dengan lancar sehingga layanan air bersih ke masyarakat bisa terus ditingkatkan. “Kami terus berkomitmen untuk memperluas jaringan layanan air bersih di masyarakat,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement