Advertisement

Tinggal di Rumah Tak Layak Huni, Tiga Warga Kulonprogo Dapat Bantuan

Andreas Yuda Pramono
Kamis, 25 Mei 2023 - 19:27 WIB
Maya Herawati
Tinggal di Rumah Tak Layak Huni, Tiga Warga Kulonprogo Dapat Bantuan Rumah tak layak huni - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Tiga warga di Kulonprogo mendapat bantuan pembangunan rumah tidak layak huni (RTLH). Bantuan diberikan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kulonprogo di Pedukuhan Siwalan, Kalurahan Sentolo, Kapanewon Sentolo, Kamis (25/5/2023).

Wakil Ketua IV Baznas Kulonprogo, Widiastuti mengatakan bantuan diberikan untuk tiga warga dengan masing-masing mendapat Rp20 juta.

Advertisement

"Bantuan yang kami salurkan untuk tiga rumah, masing-masing dua warga dari Kapanewon Sentolo dan satu dari Kapanewon Panjatan," kata Widiastuti saat ditemui di Padukuhan Siwalan, Sentolo, Kulonprogo.

Widiastuti mengatakan pada 2023 jajarannya berencana memberikan bantuan perbaikan untuk 50 rumah. Sejak Januari sampai Mei 2023, telah disalurkan Rp320 juta untuk perbaikan 16 RTLH.

Penjabat Bupati Kulonprogo, Ni Made Dwipanti Indrayanti mengatakan jumlah rumah tak layak huni di Bumi Binangun masih banyak. Karena itu, Pemkab Kulonprogo akan terus memberikan bantuan baik melalui anggaran yang bersumber dari APBD, dana alokasi khusus (DAK), program corporate social responsibility (CSR) maupun Baznas.

BACA JUGA: Ibadah Haji 2023, Jemaah Haji Indonesia Diadang Musim Panas Arab Saudi hingga 42 Derajat Celsius

"Berdasar pendataan yang dilakukan DPUPKP [Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman] pada 2022, di Kulonprogo masih ada sekitar 7.100 RTLH," kata Made saat ditemui di Pedukuhan Siwalan, Kamis.

Menurut Made, perbaikan RLTH sangat penting karena rumah yang baik dan sehat dapat meningkatkan produktivitas, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Bantuan Rp20 juta yang diberikan diharapkan dapat digunakan untuk membangun rumah secara gotong-royong.

Dijelaskan Made, jumlah RTLH yang telah direhabilitasi hingga Mei 2023 ini mencapai 1.316 unit. Sementara, bantuan stimulan hingga saat ini mencapai sekitar Rp13 miliar dan jumlah dana swadaya masyarakat mencapai Rp39 miliar. "Untuk nilai bantuan rumah keselurahan, baik dari bantuan maupun swadaya mencapai sekitar Rp52 miliar," katanya.

Salah satu warga yang mendapat bantuan, Sudiyono mengatakan rumah tak layak huni (RTLH) berukuran 6 meter X 9 meter miliknya roboh pada Maret 2023 ketika hujan disertai angin kencang melanda Sentolo. Sudiyono yang berada di sisi barat rumah beruntung tidak terluka, karena hanya sisi timur saja yang roboh. "Saya terkena strok sejak 2019 dan tinggal sendiri di rumah," kata Sudiyono saat ditemui di rumahnya di Pedukuhan Siwalan, Kamis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 5 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pelajar Meninggal saat Seleksi Paskibra Sempat Alami Kejang dan Mulut Keluar Busa

News
| Sabtu, 20 April 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement