Advertisement

Gunungkidul Expo 2023 Jadi Ajang Promosi Potensi Daerah

David Kurniawan
Jum'at, 26 Mei 2023 - 21:37 WIB
Maya Herawati
Gunungkidul Expo 2023 Jadi Ajang Promosi Potensi Daerah Bupati Gunungkidul Sunaryanta (dua kiri) saat meninjau arena lokasi pameran Gunungkidul Expo 2023 di Taman Budaya Gunungkidul, Jumat (26/5/2023). - Harian Jogja - David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Sebanyak 100 usaha mikro kecil dan menengah berpartipasi dalam pameran Gunungkidul Expo 2023 yang diselenggarakan di Taman Budaya Gunungkidul (TBG) di Kalurahan Logandeng, Playen. Rencananya pameran dalam rangkaian hari jadi kabupaten berlangsung 26-30 Mei 2023.

Kepala Dinas Perdagangan Gunungkidul, Kelik Yuniantoro mengatakan, Kelik Yuniantoro mengatakan, Gunungkidul Expo kembali digelar di tahun ini. Kegiatan juga sebagai bagian dari peringatan Hari Jadi ke-192 Kabupaten Gunungkidul

Advertisement

“Pameran kami selenggarakan di gedung TBG. Total ada 100 peserta yang ikut pameran potensi daerah di Gunungkidul,”  kata Kelik kepada wartawan, Jumat (26/5/2023).

Dia menjelaskan, peserta pameran mayoritas didominasi oleh produk UMKM di Gunungkidul yang bergerak di bidang kerajinan dan olahan makanan. Selain itu juga diisi berbagai produk mulai dari perbankan hingga mebel asli karya warga di Bumi Handayani.

“Mudah-mudahan berjalan dengan lancar. kalau sukses, kami berencana menyelenggarakan dua kali dalam setahun,” katanya.

Kelik menekankan, kegiatan tidak hanya sebatas acar rutin saat perayaan hari jadi. Namun demikian, sambung dia, pelaksanaan sebagai ajang untuk unjuk kualitas produk dari UMKM di Gunungkidul.

“Sesuai dengan arahan dari Bapak Bupati [Bupati Gunungkidul Sunaryanta], UMKM Gunungkidul harus berkembang. Salah satunya bisa menembus ke pasar modern, jadi ajang ini bisa sebagai sarana mengenalkan produk secara luas. Nantinya juga dipilih stand terbaik sebagai pemenang pameran,” katanya.

Kelik mengakui belum semua produk yang dihasilkan bisa tembus ke pasar berjejaring. Pasalnya, hingga sekarang baru 40 UMKM yang bisa memajang produksinya di toko modern.

“Ini jadi pekerjaan yang harus diselesaikan. Makanya setiap tahun kami lakukan pelatihan dengan mengandeng peritel sehingga produk yang dijual di toko modern bisa terus bertambah,” katanya.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengapresiasi penyelenggaraan pameran ini. Ia berharap hingga pameran berakhir pada 30 Mei 2023 dapat berjalan dengan lancar.

“Tujuannya untuk memasarkan produk. Jadi, penting bagi UMKM agar bisa terus berkembang sehingga dapat memperluas pemasaran,” katanya.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengungkapkan keberadaan UMKM memiliki peran yang penting bagi upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi di Gunungkidul. “Yang terpenting keberadaan UMKM juga bisa mewujudkan kesejahteraan ekonomi bagi masyarakat,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ibadah Haji 2024, DPR Segera Bentuk Pansus untuk Evaluasi

News
| Senin, 17 Juni 2024, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Mantap, Hidupkan Laguna Pengklik, Pemuda di Srigading Bikin Wisata Kano

Wisata
| Minggu, 16 Juni 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement