Advertisement

Ditodong agar Menambah Kalender Wisata di Gunungkidul, Ini Jawaban Menparekraf

David Kurniawan
Minggu, 04 Juni 2023 - 17:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Ditodong agar Menambah Kalender Wisata di Gunungkidul, Ini Jawaban Menparekraf Menteri Pariwisata Sandiaga Uno saat melihat keris salah satu kerajinan dalam Workshop Kata Kreatif yang diselenggarakan di Taman Budaya Gunungkidul, Minggu (4/6/2023). Harian Jogja - David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno kembali berkunjung ke Gunungkidul untuk menghadiri Workshop KaTa Kreatif yang berlangsung di Taman Budaya Gunungkidul, Minggu (4/62023).

Sandiaga juga diminta membantu dalam upaya meningkatkan even pertunjukan di Bumi Handayani. Permintaan ini disampaikan langsung oleh Wakil Ketua DPRD Gunungkidul, Heri Nugroho. Menurut dia, penambahan event Kemenparekraf itu dinilai penting karena dari sisi destinasi sudah memiliki banyak potensi yang telah dikembangkan.

Advertisement

"Harapannya event kegiatan seni pertunjukan bisa ditambah,” kata Heri.

Ia menjelaskan, keberadaan event akan menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung. Peningkatan kunjungan akan memberikan dampak yang luas, mulai dari roda perekonomian hingga potensi lama tinggal di Gunungkidul bisa terus ditingkatkan.

“Kalau bisa event dilakukan setiap hari karena yang terpenting bisa dilakukan secara rutin. Misalnya saat malam liburan, saya yakin, kalau bisa diwujudkan maka akan berdampak positif terhadap pengembangan kepariwisataan di Gunungkidul,” katanya.

Menteri Pariwisata Sandiaga Uno mengapresiasi pengembangan pariwisata di Gunungkidul. Menurutnya, antusias dari masyarakat [untuk memajukan pariwisata] sangat tinggi dan bisa berkolaborasi sehingga mewujudkan destinasi wisata Gunungkidul ke tingkat internasional.

“Saya berterimakasih kepada pak bupati yang bisa mengkolaborasikan sehingga wisatanya bisa maju,” katanya.

Ia mengakui ada tiga usulan yang perlu dikembangkan di Gunungkidul. Selain tentang pengembangan kreatif art, juga ada permintaan untuk menambah kalender event sebagai daya tarik wisata dan pelatihan yang melibatan pelaku seni pertunjukan.

“Tentunya akan kami tindaklanjuti. Salah satunya menambah kalender event pertunjukan di Gunungkidul,” katanya.

Menurut dia, untuk event pertunjukan memberikan apresiasi penyelenggarakan Gunungkidul Batik Fashion Beach. Sandiaga berharap kalender ini bisa ditingkatkan menjadi even nasional.

“Segera diusulkan agar bisa masuk dalam agenda Karisma Event Nusantara. Yakni, sebuah insiatif untuk mencetak 4,4 juta lapangan kerja baru di 2024,” katanya.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta berkomitmen untuk pengembangan sektor kepariwisataan. Hal ini dikarenakan dampaknya sangat luas untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Menurut dia, laju ekonomi di 2022 sebesar 5,37%. Adapun sektor pariwisata menduduki peringkat kedua dalam pertumbuhan tersebut.

“Paling tinggi tetap di sektor pertanian. Tapi, untuk pariwisata sangat baik sehingga upaya pengembangan akan terus dilakukan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement