Advertisement

Proyek Jembatan Pandansimo Dipercepat, Kelak Hubungkan Kulonprogo-Bantul

Stefani Yulindriani Ria S. R
Selasa, 06 Juni 2023 - 07:17 WIB
Maya Herawati
Proyek Jembatan Pandansimo Dipercepat, Kelak Hubungkan Kulonprogo-Bantul Ilustrasi jembatan / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Pengerjaan proyek Jembatan Srandakan 3 atau Jembatan Pandansimo yang akan menghubungkan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) di Kulonprogo dan Bantul bakal dipercepat.

Percepatan ini dilakukan agar proyek tersebut bisa kelar sebelum pergantian Presiden Republik Indonesia pada 2024 mendatang.

Advertisement

Pejebat Pembuat Komitmen (PPK) 1.4 Provinsi DIY, Julian Simumorang, menyampaikan dalam waktu dekat proyek Jembatan Pandansimo segera dilelang. Saat ini, menurutnya, proyek tersebut masih dalam tahap persiapan lelang.

“Kalau misalnya akhir Juni kami mulai, mungkin di Agustus pertengahan sudah bisa [pekerjaan fisik],” katanya, Senin (5/6/2023).

Ia mengatakan lelang diperkirakan akan dimulai pada akhir Juni dan berlangsung sekitar satu hingga satu setengah bulan. Apabila lelang berjalan sesuai rencana, menurut Julian, pertengahan Agustus 2023 diperkirakan proses lelang akan rampung dan pembangunan fisik Jembatan Pandansimo bisa dimulai.

Pengerjaan Jembatan Pandansimo diperkirakan berlangsung 15 bulan dan jembatan sudah jadi sebelum Oktober 2024 atau di bulan terakhir kepemimpinan Joko Widodo. “Posisi 15 bulan sudah merupakan posisi percepatan sebetulnya. estimasi awalnya 24 bulan, kemudian dipercepat jadi 18 bulan, lalu jadi 15 bulan,” katanya.

BACA JUGA: Soal Kerusuhan di Jalan Tamansiswa, Sultan Minta Masyarakat Kedepankan Bebrayan Paseduluran

Percepatan tersebut dilakukan untuk mengejar target agar Jembatan Pandansimo dapat rampung sebelum pergantian Presiden Republik Indonesia tahun depan. Julian pun berharap seluruh proses pembangunan Jembatan Pandansimo dapat berlangsung sesuai rencana, sehingga jembatan tersebut dapat digunakan masyarakat sesuai waktu yang ditargetkan.

“Kami usahakan secepat-cepatnya untuk menyelesaikan pekerjaan jembatannya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah, Bos Maskapai Penerbangan Terlibat

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement