Advertisement

Warga Mulai Kesulitan Air Bersih, Kapanewon Tepus Siapkan Droping Air Bersih

David Kurniawan
Kamis, 08 Juni 2023 - 17:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Warga Mulai Kesulitan Air Bersih, Kapanewon Tepus Siapkan Droping Air Bersih Tangki milik BPBD Gunungkidul pada saat menyalurkan bantuan air bersih ke salah satu bak penampungan air yang dimiliki warga Dusun Sumber, Planjan, Saptosari. Kamis (18/5/2023). - Istimewa/BPBD Gunungkidul

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Kapanewon Tepus mengalokasikan anggaran droping air sebesar Rp76,5 juta untuk membantu warga yang kesulitan air bersih selama musim kemarau tahun ini. Jumlah tersebut setara dengan 450 tangki.

Panewu Tepus, Alsito mengatakan, saat kemarau, banyak warga di wilayahnya yang kesulitan air bersih. Kondisi ini terjadi merata di lima kalurahan di Tepus. "Mulai dari Kalurahan Sumberwungu, Gunung Panggung, Purwodadi, Tepus dan Sidoharjo ada warga yang terdampak kekeringan,” kata Alsito kepada wartawan, Kamis (8/6/2023).

Advertisement

BACA JUGA: Termasuk Wilayah Rawan Air Bersih, Warga Paliyan Berharap Aliran PDAM Tak Macet

Dia menjelaskan, dampak musim kemarau tahun ini sudah terjadi. Warga di lima kalurahan mulai kesulitan mendapatkan air bersih. "Rencananya bantuan air bersih mulai disalurkan minggu depan,” katanya.

Menurut Alsito, untuk pelaksanaan droping sudah mengalokasikan anggaran sebesar Rp76,5 juta. Diperkirakan pagu ini bisa dipergunakan penyaluran air bersih sebanyak 450 tangki. Dia mengakui jumlah tersebut belum bisa mengcover ke seluruh wilayah. Pasalnya, bantuan hanya difokuskan di Kalurahan Tepus, Sidoharjo dan Purwodadi.

Adapun untuk Kalurahan Gunung Panggung dan Sumberwungu, penyaluran air bersih akan dimintakan bantuan ke BPBD Gunungkidul. “Upaya koordinasi dilakukan agar bantuan bisa tepat sasaran sehingga tidak ada dobel penyaluran,” katanya.

Kepala BPBD Gunungkidul, Purwono mengatakan, penyaluran air bersih ke masyarakat tidak hanya dilakukan oleh BPBD. Hal ini dikarenakan ada sejumlah kapanewon yang memiliki anggaran droping tersendiri.

“Makanya ada koordinasi untuk memastikan bantuan tepat sasaran,” katanya.

BACA JUGA: Disepakati, Anggaran Pembangunan SPAM Kamijoro Hampir Rp1 Triliun

Menurut dia, anggaran yang dimiliki BPBD dalam kegiatan droping air sebesar Rp230 juta. Diperkirakan pagu ini bisa menyalurkan bantuan sebanyak 1.000 tangki ke masyarakat.

“Tentunya penyaluran akan diseleksi. Kami tidak akan menyasar ke lokasi-lokasi yang telah ditangani oleh kapanewon,” katanya.

Diperkirakan kemarau di 2023 lebih panjang dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Adapun anggaran yang dimiliki, Purwono mengakui juga lebih sedikit.

Meski demikian, ia tidak khawatir karena akan menggunakan secara optimal. “Andaikan masih kurang, kami berusaha menambahnya pada saat pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2023,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cak Imin Tetapkan Kriteria Calon Kepala Daerah yang Diusung PKB

News
| Sabtu, 20 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement