Advertisement

Wisuda TK-SMA Dikeluhkan Orang Tua, Dewan Pendidikan DIY: Itu Aktivitas Muspra!

Triyo Handoko
Jum'at, 16 Juni 2023 - 15:57 WIB
Arief Junianto
Wisuda TK-SMA Dikeluhkan Orang Tua, Dewan Pendidikan DIY: Itu Aktivitas Muspra! Ilustrasi. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kegiatan akhir tahun siswa TK, SD, SMP, dan SMA di Jogja yang merayakan kelulusan dengan wisuda dinilai oleh Dewan Pendidikan DIY muspra dan tak memiliki urgensi. Dewan Pendidikan DIY menilai jika kegiatan wisuda malah memberatkan orang tua maka sebaiknya tidak dilakukan.

Dewan Pendidikan DIY menyebut wisuda mulanya adalah tradisi di dunia barat untuk merayakan selesainya pembelajaran di tingkat pendidikan tinggi yang lalu diadopsi oleh perguruan tinggi di tanah air.

Advertisement

Ketua Dewan Pendidikan DIY, Sutrisna Wibawa juga mengaku kaget dengan mulai maraknya kegiatan wisuda yang dilakukan TK, SD, SMP, dan SMA di DIY. “Tetapi kok tiba-tiba TK, SD, sekolah-sekolah itu ikut-ikutan, seperti latah begitu,” katanya, Jumat (16/6/2023).

Sutrisna menilai kegiatan wisuda TK, SD, SMP, dan SMA di Jogja tak memiliki urgensi. “Apalagi jika ada yang keberatan karena wisuda tersebut menyebabkan tambahan biaya sekolah, maka sebaiknya dipertimbangkan dengan bijak,” ujarnya.

BACA JUGA: Heboh Wisuda Lulusan Sekolah Mulai Dikeluhkan Orangtua Siswa

Dalam pendidikan, jelas Sutrisna, wisuda hanyalah proses seremonial belaka dari berhasilnya siswa menempuh pendidikan. “Tidak ada urgensinya wisuda di sekolah, sebenarnya tidak perlu ada. Di perguruan tinggi saja tidak wajib, jadi kalau tidak bisa ikut wisuda ya tetap lulus, tetap dapat ijazah karena cuma seremonial,” tegasnya.

Namun, Mantan Rektor UNY ini mempersilahkan sekolah dan orang tua jika ingin merayakan kelulusan anak atau siswanya dengan wisuda.

“Kalaupun mau tetap menggelar wisuda, maka bisa dilakukan dengan cara yang seefisien mungkin. Misalnya tidak perlu menyewa gedung, cukup di sekolah masing-masing,” sarannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jokowi Sebut Ada 29 Perusahaan Singapura Berinvestasi di IKN

News
| Senin, 29 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement