Advertisement

Tingkatkan Akses Air Bersih, Pemkab Kulonprogo Siap Gelontorkan Rp3 Miliar

Andreas Yuda Pramono
Senin, 19 Juni 2023 - 19:47 WIB
Arief Junianto
Tingkatkan Akses Air Bersih, Pemkab Kulonprogo Siap Gelontorkan Rp3 Miliar Ilustrasi. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pemkab Kulonprogo mengalokasikan Rp3 miliar untuk peningkatan akses air minum layak yang mencakup kualitas, kuantitas, kontinuitas, dan keterjangkauan.

Staf Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kulonprogo, Fino Rizki Mubarak mengatakan bahwa terdapat beberapa upaya peningkatan akses air minum layak seperti pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) jaringan perpipaan, serta program hibah air minum perdesaan, dan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

Advertisement

“Lingkup ketugasan kami ada di wilayah perdesaan. Kalau di wilayah perkotaan itu nanti wewenangnya PDAM,” kata Vino ditemui di kantornya pada Senin (19/6/2023).

Dia mengatakan SPAM memiliki beberapa sumber seperti mata air dan sumur. Air tersebut nanti akan ditampung di reservoir di ketinggian, lalu didistribusikan ke sambungan rumah rumah (SR). Guna menghindarkan dari bakteri yang mungkin memengaruhi kesehatan konsumen, maka air tersebut terlebih dahulu dicek di laboratorium.

BACA JUGA: PDAM: SPAM Kamijoro untuk Jaringan Air Bersih Ditunggu Warga di Kulonprogo Selatan

Tahun 2023, DPUPKP akan membangun SPAM jaringan perpipaan di Kapanewon Girimulyo, Samigaluh, dan Kalibawang dengan total Rp1.393 juta.

Sementara untuk program hibah air minum perdesaan ada sekitar empat belas kalurahan yang menjadi sasaran. Anggaran yang digunakan berasal dari APBD mencapai Rp2 miliar. Hanya saja APBD tersebut nantinya diganti oleh Pemerintah Pusat atau reimburse.  “Kalau Pamsimas ada alokasi dari APBD sebesar Rp800 juta untuk dua kalurahan yaitu Banjaroyo dan Ngargosari,” katanya.

Tidak hanya itu, terdapat juga Dana Keistimewaan sebesar Rp2,17 miliar lebih untuk peningkatan akses air minum layak dengan sasaran kalurahan Hargotirto, Ngargosari, Purwosari, Pendoworejo, Banjararum.

“Kalau yang dari Danais itu usulan kami 10 kalurahan, tetapi hanya lima yang disetujui. Kalau tahun lalu malah dapat dari DAK juga untuk SPAM,” ucapnya.

Vino menegaskan DPUPKP akan terus memberikan pelayanan untuk peningkatan akses air minum layak setiap tahun. Kendati tidak memiliki target pembangunan, namun peningkatan akses tersebut telah termuat dalam rencana kerja pemerintah daerah (RKPD). 

Sementara itu, Ketua Tim Pelaksana Penyehatan Lingkungan DPUPKP Kulonprogo, Silvi Irvi Yanti mengatakan bahwa pembangunan SPAM jaringan perpipaan tersebut segera dimulai. Nantinya SPAM tersebut akan dikelola secara mandiri oleh penerima manfaat atau warga sekitar.

“Baru mulai pembangunan SPAM. Perjanjian kerja samanya baru ditanda tangani awal Mei 2023. Itu nanti swakelola masyarakat,” kata Silvi dihubungi pada Senin (19/6/2023).

Silvi menegaskan tugas utama DPUPKP adalah untuk meningkatkan akses air minum aman dan layak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

LPS Gandeng DepositoBPR by Komunal Gelar Edukasi Finansial Untuk Karyawannya

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement