Advertisement

DPRD DIY Kampanyekan Gerakan Surup Neng Omah untuk Cegah Klitih

Sunartono
Sabtu, 24 Juni 2023 - 23:37 WIB
Sunartono
DPRD DIY Kampanyekan Gerakan Surup Neng Omah untuk Cegah Klitih aksi klitih - Instagram: @Magelang_raya

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—DPRD DIY melalui Komisi A mengkampanyekan Gerakan Surup Neng Omah untuk mencegah adanya tindakan klitih. Gerakan itu merupakan upaya kesekian kalinya untuk mendukung sejumlah program pencegahan yang dilakukan pemerintah.

Maksud dari Gerakan Surup Neng Omah adalah saat jelang matahari terbenam sebaiknya di rumah saja, terutama bagi anak remaja. Begitu juga saat malam hari anak sebaiknya di rumah saja dan harus dalam pemantauan orangtua.

Advertisement

“Gerakan surup neng omah, wengi neng omah wae ini sebagai salah satu upaya pencegahan adanya aksi klitih yang seringkali ini kejadiannya menimpa remaja,” kata Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto dalam konferensi pers di DPRD DIY Jumat (23/6/2023).

Eko berharap kampanye pencegahan klitih ini bisa ditindaklanjuti secara bersama-sama dengan melibat semua komponen, baik di lini pemerintahan maupun masyarakat. Mengingat kasus klitih seringkali terjadi di wilayah DIY. Pencegahan harus dilakukan sejak dini tanpa menunggu ada peristiwa besar dalam kasus klitih.

“Sebenarnya Gerakan ini cukup sederhana tetapi memiliki makna besar dan efektif untuk pencegahan. Kalau anak ini di rumah saja didampingi orangtua, dia keluar dengan pengawasan. Sehingga peristiwa kekerasan jalanan itu tidak perlu terjadi,” katanya.

Ia turut menyinggung dalam berbagai kasus, peistiwa klitih juga dipengaruhi oleh kondisi ekonomi keluarga. “Sehingga kami mendorong juga untuk pengentasan kemiskinan ini,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Bumi Magnitudo 5,0 Landa Pacitan, BMKG Jelaskan Penyebabnya

News
| Selasa, 07 Mei 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement