Advertisement

Marak Kasus Perdagangan Orang Jogja, JPW Minta Polisi Ungkap Jaringannya

Triyo Handoko
Selasa, 27 Juni 2023 - 08:27 WIB
Sunartono
Marak Kasus Perdagangan Orang Jogja, JPW Minta Polisi Ungkap Jaringannya Ilustrasi prostitusi online / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Maraknya kasus perdagangan orang di DIY yang berhasil diungkap aparat kepolisian diapresiasi Jogja Police Watch (JPW). Kasus perdagangan orang terbaru berhasil diringkus Polres Bantul di Parangtritis dimana anak dibawah umur dipekerjakan sebagai pemandu lagu.

Catatan JPW menyebut sebelumnya juga Polresta meringkus kasus tindak pidana perdagangan orang (TPPO) yang memperkerjakan anak dibawah umur untuk jadi pekerja seks. “JPW mengapresiasi pihak kepolisian yang menangkap terduga pelaku tindakan TPPO yang kini marak terjadi termasuk di DIY,” Kadiv Humas JPW Baharuddin Kamba, Senin (26/6/2023).

Advertisement

BACA JUGA : Duh! Baru 10 Hari, 414 Orang Ditangkap terkait dengan

Penangkapan pelaku-pelaku TPPO yang memperdaya anak-anak, lanjutnya, harus dicegah agar tidak semakin meluas. “Selain penangkapan juga penting untuk melakukan tindakan pencegahan agar korban perdagangan orang lebih cepat diselamatkan, terutama anak-anak,” katanya.

Kamba menjelaskan anak-anak rentan dalam kasus perdagangan orang karena mudah termakan bujuk rayu pelaku untuk mendapat pekerjaan dengan gaji besar. “Untuk mencegah perdagangan orang meluas, aparat penegak hukum perlu cermat menelusuri jaringannya agar langkah pencegahan dapat dilakukan,” ujarnya.

Jaringan perdagangan orang di DIY, menurut Kamba, tidak mudah ditebak sehingga perlu lebih cermat untuk menelusurinya. “Pola umumnya selama ini korban diperdagangkan untuk prostitusi, maka perlu dicermati lagi masalah prostitusi di Jogja ini agar pencegahan dapat segera dilakukan,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ibu Pulau Halmahera Meletus, Abu Vulkanik Setinggi 3,5 Kilometer

News
| Minggu, 28 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement