Advertisement

Yayasan Siswa Among Beksa Lestarikan Seni dengan Dokumentasi

Media Digital
Kamis, 29 Juni 2023 - 18:17 WIB
Maya Herawati
Yayasan Siswa Among Beksa Lestarikan Seni dengan Dokumentasi Suasana pentas tari Yayasan Siswa Among Beksa untuk dokumentasi di TBY, Rabu (28/6/2023). - Harian Jogja - Triyo Handoko

Advertisement

JOGJA—Yayasan Among Beksa menyelenggarakan dokumentasi dua tari klasik Jawa di Taman Budaya Yogyakarta (TBY) pada Rabu (28/6/2023). Dua tari yang didokumentasikan tersebut adalah Beksan Sihipie Raden Wijaya dan Bedhaya Penganten.

Dua tari tersebut dikembangkan oleh pendiri Yayasan Siswa Among Beksa, yaitu GBPH Yudanegara. Tari Beksan Sihipie Raden Wijaya menceritakan pertarungan antara Raden Wijaya dan Shipie, sedangkan tari Bedhaya Penganten menceritakan prosesi pernikahan Jawa.

Advertisement

Bendahara Yayasan Siswa Among Beksa, Ratri Praptini Astuti menjelaskan dokumentasi ini dilakukan agar warisan tari tersebut dapat terus dilestarikan.

“Dengan dokumentasi ini maka dua tari ini kedepan dapat terus dilestarikan dan diajarkan ke generasi muda lewat video pementasan tadi,” katanya.

Ratri menceritakan tari Bedhaya Penganten jadi salah satu karya maestro GBPH Yudanegara dimana diciptakan pada 1990. “Baru pertama kali dipentaskan, sehingga agar dapat terus dilestarikan kami dokumentasikan agar dapat dipelajari bersama generasi muda,” katanya, Rabu sore.

BACA JUGA: Kasus Penggelapan Uang Apartemen Malioboro City, Korban Melapor ke Bareskrim

Salah satu penari Yayasan Siswa Among Beksa, Pulung Jati Ronggo Murti yang turut tampil dalam dokumentasi tersebut menjelaskan terdapat tantangan dalam merevitalisasi karya maestro tari GBPH Yudanegara.

“Sumber yang ada terbatas, kami sesuaikan dengan data dan arsip yang ada semaksimal mungkin sesuai dengan karya Eyang Yudha,” katanya di sela-sela dokumentasi.

Pulung sebagai seniman tari menyebut dokumentasi ini penting agar dua tari tersebut tercatat sejarah dan ada referensinya dengan baik.

“Dokumentasi ini penting, dua tari ini bagian dari kekayaan budaya Jogja dalam seni tari, sangat disayangkan jika dilupakan maka dokumentasi ini jadi pintu awal untuk terus menggali karya-karya Eyang Yudah,” ujarnya.

Tak hanya berhenti di dua tari tersebut, jelas Pulung, Yayasan Siswa Among akan terus menggali banyak karya GBPH Yudanegara.

“Saya yakin masih banyak karya beliau yang belum terekspose dan dipelajari dengan baik, sehingga penting untuk terus menggalinya agar bisa terus dilestarikan,” jelasnya. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gobel Minta Jepang Ajari Smart Farming kepada Petani Muda Indonesia

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement