Advertisement

Tahun Politik, Kemenag Gunungkidul: Ceramah di Masjid yang Menyejukkan Saja

Triyo Handoko
Selasa, 04 Juli 2023 - 19:27 WIB
Maya Herawati
Tahun Politik, Kemenag Gunungkidul: Ceramah di Masjid yang Menyejukkan Saja Ilustrasi khotbah. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Kementarian Agama (Kemenag) Gunungkidul mempersiapkan tahun politik  dengan meminta kepada khotib di masjid-masjid wilayahnya agar memberikan ceramah yang menyejukan. Netralitas penceramah dan khotib di Gunungkidul juga diharapkan Kemenag.

Kepala Kemenag Gunungkidul, Sa'ban Nuroni menjelaskan sudah mensosialisasikan agar masjid di wilayahnya tidak dijadikan ajang kampanye dan kegiatan lain yang menyebarkan pandangan politis. “Termasuk saat peringatan hari besar ini kan mengumpulkan massa yang banyak, disitu memang hadir seluruh umat islam yang memang beragam dan belum tentu sama aspirasi politiknya. Jangan sampai saat ceramah itu menyinggung hal berbau politis," jelasnya, Selasa (4/7/2023).

Advertisement

Nuroni menyebut tensi politik menjelang pemilu memang lebih tinggi, sehingga perlu untuk menghadirkan ceramah-ceramah yang menyejukan. “Tensi sosial pasti akan tinggi dan itu sah-sah saja, asal kondusifitas tetap dijaga. Sehingga penting untuk mengutamakan ceramah yang menyejukan,” katanya.

BACA JUGA: 9 Cara Merawat Kucing Agar Kesehatannya Terjaga

Penceramah ataupun khatib di Gunungkidul,menurut Nuroni, merupakan tokoh masyarakat yang seringkali diikuti oleh masyarakat setempat. “Sehingga penceramah memiliki peran yang cukup penting sebagai juru bicara umat, ia berharap agar hal ini tidak dipergunakan untuk menggiring masyarakat ke aspirasi politik tertentu,” terangnya.

Himbauan untuk lebih berhati-hati bagi penceramah dan khotib, lanjut Nurori, juga berlaku untuk masyarakat luas. “Masyarakat atau jemaah juga dapat mengawasi jika ada ceramah yang mengarah ke kampanye, bisa langsung diadukan ke kami lewat kanal online yang sudah kami sediakan,” ujarnya.

Peran serta masyarakat dalam pengawasan, sambung Nurori, sangat penting dan vital. “Petugas kami [Kemenag Gunungkidul] sangat terbatas juga, tentu peran serta masyarakat sangat penting sekali. Untuk tujuan bersama yaitu kondusifan ruang ibadan tentu ini harus diupayakan bersama,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

2.086 Hektare Lahan di IKN Bermasalah, AHY: Kami Komunikasikan dengan DPR

News
| Sabtu, 27 April 2024, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement