Advertisement

Kolaborasi Kembangkan Kebun Buah Eduwisata Bendosari Moyudan

Abdul Hamied Razak
Rabu, 19 Juli 2023 - 08:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Kolaborasi Kembangkan Kebun Buah Eduwisata Bendosari Moyudan Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin bersama Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat meresmikan Kawasan Eduwisata Bendosari, Kalurahan Sumbersari, Moyudan dengan membuka tirai landmark pada Selasa (18/7 - 2023). Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Kawasan Eduwisata Bendosari, di Kalurahan Sumbersari, Kapanewon Moyudan, diharapkan menjadi destinasi baru di Kabupaten Sleman. Lokasi wisata ini mengembangkan potensi baik di bidang pertanian, perkebunan dan pengolahan produk.

Pengembangan Eduwisata Bendosari ini merupakan hasil kolaborasi yang dilakukan antara Kelompok Tani Kalurahan Sumbersari dengan Yayasan Astra Honda Motor (AHM) dan UIN Sunan Kalijaga, melalui program berbasis pengabdian masyarakat.

Advertisement

BACA JUGA: Sambirejo Prambanan Gelar Gumregah Culture Festival 2023

Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan kerjasama yang dilakukan pihaknya bersama dengan kelompok tani Sumbersari dan UIN Sunan Kalijaga berfokus pada upaya pembangunan sebuah kawasan eduwisata kebun buah yang berkelanjutan.

"Kerjasama ini (pengembangan eduwisata) merupakan bagian dari rencana rencana strategis melakukan upaya pembangunan di sebuah kawasan yang bisa berkelanjutan. Kata kuncinya adalah berkelanjutan," jelas Muhibbuddin di sela peresmian Kawasan Eduwisata Bendosari, di Kalurahan Sumbersari, Kapanewon Moyudan, Selasa (18/7/2023).

Peresmian kawasan eduwisata ini juga dihadiri oleh Bupati Sleman dan sejumlah mahasiswa. Mereka melakukan penanaman berbagai jenis bibit buah di kawasan tersebut. Muhibbuddin menyebut peresmian kawasan eduwisata tersebut menjadi permulaan dari program panjang yang dilakukan pihaknya bersama UIN Sunan Kalijaga dalam mengembangkan potensi eduwisata Bendosari.

Sebagai Langkah awal kerja sama kemitraan ini, Yayasan AHM telah menggelontorkan anggaran Rp180 juta untuk pengembangan SDM pengelola Kebun Eduwisata Bendosari dan pembangunan fasilitas sarana prasarana. Anggaran tersebut menghasilkan fasilitas toko hasil kebun, diplay prodak UMKM setempat, dan fasilitas lain di lokasi Kebun Eduwisata.

"Pengembangan masyarakat ini bertujuan untuk melakukan peningkatan kapasitas komunitas berdaya secara berkelanjutan sebagai implementasi tujuan SDG’s," katanya.

Libatkan Mahasiswa

Yayasan AHM juga memberikan support dana untuk program KKN Satu Hati. KKN Satu Hati merupakan salah satu kegiatan pengembangan masyarakat yang dikelola AHM yang bekerja sama dengan beberapa Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta termasuk UIN Sunan Kalijaga.

Dalam merealisasikan kerjasama Eduwisata Bendosari, Muhibbuddin mengatakan pihaknya telah mengumpulkan sejumlah mahasiswa penerima beasiswa Yayasan AHM dari berbagai perguruan tinggi untuk melakukan program pengabdian di eduwisata Bendosari. "Para mahasiswa ini berperan untuk membantu mewujudkan apa yang menjadi keinginan Kelompok Tani Sumbersari dalam pengembangan Kebun Eduwisata Bendosari," katanya.

BACA JUGA: Sleman Ingin Bikin Wisata Malam Seperti di Bali

Ketua Lembaga Penelitian dan pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UIN Sunan Kalijaga Mukhrisun mengatakan Kebun Eduwisata Bendosari sudah beberapa tahun ini menjadi laboratorium alam UIN Sunan Kalijaga. Di lokasi inilah para Dosen dan Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga mengembangkan program-program riset, dan pengabdian kepada masyarakat yang mutualistik.

"Kami berharap kolaborasi dengan Yayasan AHM, UIN Sunan Kalijaga akan mendapatkan support dana dan keahlian praktisi untuk percepatan pengembangan Kebun Eduwisata serta memacu keberhasilan program program KKN tematik," harapnya.

Kebun Buah Eduwisata Bendosari, pada awalnya merupakan usaha pengembangan budi daya pertanian yang dilakukan oleh Kelompok Tani Kampung Jamur yang berlokasi di Dusun Bendosari, Kalurahan Saptosari, Kecamatan Moyudan, Sleman.

Kembangkan Wisata

Kampung Jamur Bendosari oleh LPPM UIN Sunan Kalijaga dikembangkan menjadi Kawasan Eduwisata Kebun Buah. Sejumlah tanaman dikembangkan di antaranya Rumput Gajah, Jambu Kristal, Alpukat, Mangga, Anggur dan lainnya. "Melalui kerja sama dengan berbagai pihak pula diharapkan Kebun Eduwisata Bendosari dapat menjadi destinasi wisata dan wahana pendidikan pilihan terbaik masyarakat," harapnya.

Sementara itu, Bupati Sleman Kustini menyampaikan apresiasi atas inisiasi UIN Sunan Kalijaga dan Yayasan AHM dalam memotori program pemberdayaan masyarakat di Kawasan Eduwisata Bendosari.

Ia berharap program pemberdayaan ini juga dapat optimal dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Kebun Eduwisata Bendosari dalam mengembangkan potensi baik di bidang pertanian, perkebunan dan pengolahan produk ke depannya.

"Saya juga berharap kerjasama ini dapat dikembangkan lebih lanjut bahkan dipraktekkan di wilayah-wilayah Sleman lain. Sebagaimana kita ketahui, Sleman memiliki bentang wilayah dan kekayaan demografi yang sangat menarik untuk dikembangkan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Airlangga Bertemu Sekjen Cormann, Tegaskan Komitmen Percepat Proses Keanggotaan Indonesia.

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement