Advertisement

Begini Tahapan Pelaksanaan Pengadaan Lahan Tol Solo-Jogja-Kulonprogo Seksi 3

Abdul Hamied Razak
Minggu, 06 Agustus 2023 - 15:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Begini Tahapan Pelaksanaan Pengadaan Lahan Tol Solo-Jogja-Kulonprogo Seksi 3 Suasana area proyek pembangunan tol Jogja-Solo seksi 2 paket 2.2B Trihanggo-Junction Sleman pada Rabu (2/8/2023). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY sudah melaksanakan seluruh proses tahapan persiapan pengadaan tanah untuk jalan tol Solo-Jogja-Kulonprogo seksi 3. Saat ini, Pemda DIY masuk pada tahap pelaksanaan pengadaan lahan.

Sebagaimana diketahui, Pemda DIY akhirnya mengeluarkan Izin Penetapan Lokasi (IPL) untuk pembangunan jalan tol Solo-Jogja-Kulonprogo seksi 3. IPL tersebut ditetapkan sejak Jumat, 28 Juli 2023 lalu.

Advertisement

BACA JUGA: Pembebasan Lahan Tol Jogja YIA Terganjal Belum Diterbitkan IPL

Keluarnya IPL jalan tol Solo-Jogja-Kulonprogo seksi 3 ini menandai selesainya tahapan persiapan pengadaaan lahan yang dilakukan oleh Pemda DIY. Tahapan persiapan ini dimulai dari pembentukan Tim Persiapan, Pemberitahuan rencana pembangunan, Pendataan Awal, Konsultasi Publik, Penetapan Lokasi dan Pengumuman Penetapan Lokasi (IPL).

Setelah IPL ditetapkan, Pemda DIY akan melaksanakan tahapan selanjutnya. Yakni persiapan pelaksanaan pengadaan lahan kepada warga terdampak.

Adapun perkiraan jangka waktu pelaksanaan pengadaan tanah ini meliputi 13 tahapan sebagaimana berikut:

1. Pembentukan Panitia Pelaksanan Pengadaan Tanah

2. Pembentukan Satgas A dan Satgas B

3. Pelaksanaan inventarisasi dan identifikasi oleh Satgas A dan Satgas B


4. Verifikasi hasil inventarisasi dan identifikasi

5. Penetapan hasil inventarisasi dan identifikasi

6. Pengumuman hasil inventarisasi dan identifikasi

7. Revisi hasil inventarisasi dan identifikasi (apabila diperlukan)

8. Pengadaan appraisal

9. Penetapan appraisal

10. Pelaksanaan penilaian oleh appraisal

11. Verifikasi hasil penilaian

12. Penyampaian nilai ganti rugi dan musyawarah bentuk kerugian

13. Pelaksanaan pembayaran ganti rugi

Ditargetkan Beroperasi 2024

Menteri Perkerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono secara tegas mengatakan bila pengerjaan proyek tol Jogja-Solo seksi 1 Kartasuro-Purwomartani bakal rampung di 2024. Ruas tol sepanjang 42,38 kilometer ini akan selesai 2024.

BACA JUGA: Pembebasan Lahan Tol Jogja-Solo Belum Kelar, Terendah Baru 40 Persen

"Jogja-Solo saya kira untuk yang seksi sampai Purwomartani akan jadi pada 2024. Itu pasti jadi, insyallah," tegasnya saat ditemui di Fakultas Teknik UGM, Kamis (3/8/2024).

Pengerjaan tol Jogja-Solo seksi 1 dibagi dalam dua paket. Seksi 1 paket 1.1 mencakup ruas tol Solo-Klaten dengan panjang jalan 22,30 kilometer. Sementara Seksi 1 paket 1.2 meliputi ruas tol Klaten-Purwomartani sepanjang 20,08 kilometer.

Bila merujuk pada data monitoring progres konstruksi jalan tol Non Trans Jawa pada laman bpjt.go.id, hingga Juli 2023 total progres tanah bebas pada tol Jogja-Solo seksi 1 paket 1.1 Solo-Klaten mencapai 95,3%, sedangkan progres bebas tanah di tol Jogja-Solo seksi 1 paket 1.2 Klaten-Purwomartani sampai Juli ini mencapai 80%.

Selain itu, dari data monitoring di laman tersebut juga menunjukkan progres konstruksi Tol Jogja-Solo. Di seksi 1 Paket 1.1 Solo-Klaten realisasi progres konstruksi mencapai 53,3%. Sementara untuk di seksi 1 paket 1.2 Klaten-Purwomartani realisasi progres konstruksi baru mencapai 2,6%.

Pada pertengahan Juli lalu, Project Director PT. Adhi Karya, Oka Chandra Sukmana yang menggarap proyek pembangunan tol Jogja-Solo seksi 1 paket 1.1 Solo-Klaten menuturkan pelanggaran telah mencapai 22 kilometer. Hanya saja belum semua telah ruas digarap rigid pavement. "Kalau semuanya 22 kilometer sudah kita kerjakan semua. Tapi yang sudah ter-rigid kira-kira tujuh kilometeran," ungkapnya.

Ditargetkan tol Jogja-Solo seksi 1 paket 1.1 Solo-Klaten ini bisa rampung pada Mei 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penjelasan KNKT Terkait Pesawat Jatuh di Lapangan Sunburst Bumi Serpong Damai

News
| Senin, 20 Mei 2024, 05:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menikmati Sendratari dan Pertunjukan Wayang di Jogja

Wisata
| Minggu, 19 Mei 2024, 06:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement