Advertisement

Seleksi CASN 2023 Dibuka September, Ini Formasi yang Dibutuhkan di Bantul

Ujang Hasanudin
Kamis, 17 Agustus 2023 - 14:17 WIB
Ujang Hasanudin
Seleksi CASN 2023 Dibuka September, Ini Formasi yang Dibutuhkan di Bantul Ilustari pendafataran CPNS online. - menpan.go.id

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL— Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bantul memastikan jadwal seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) atau Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023 sudah keluar dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Sehingga masyarakat yang hendak menjadi abdi negara diminta untuk mempersiapkan diri.

Sekretaris (BKPSDM) Bantul, Triyanto mengatakan jadwal seleksi CASN dari BKN dibuka mulai September mendatang. “Jadwal dari BKN sudah ada. Sekarang persiapan seleksi sambil koordinasi,” katanya, saat dihubungi Kamis (17/8/2023).

Advertisement

Meski jadwal CASN dari BKN sudah keluar, namun pihaknya masih menunggu pengumuman resmi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Dalam seleksi CASN tahun ini, Pemkab Bantul mengajukan sebanyak 819 formasi.

BACA JUGA: HUT RI ke 78, Bendera Merah Putih Raksasa Dikibarkan di Jembatan Sungai Winongo Jogja

Jumlah formasi tersebut terdiri dari formasi tenaga fungsional pendidikan sebanyak 466 formasi, tenaga kesehatan 268 formasi, dan tenaga teknis 85 formasi. Triyanto mengklaim jumlah formasi CASN tersebut sudah disetujui oleh Kemenpan RB.

Lebih lanjut Triyanto mengatakan 819 formasi yang diajukan semuanya adalah kategori Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK. Sebenarnya, Triyanto berjujar jumlah formasi yang diajukan tersebut masih belum bisa memenuhi kekurangan pegawai di lingkungan Pemkab Bantul sekitar 2.000 orang.

Namun yang diajukan menyesuaikan dengan kemampuan anggaran. “Pengajuan formasi ini kan harus menyesuaikan kemampuan anggaran untuk gaji. Jadi formasi yang diajukan sudah disesuaikan dengan kemampuan anggaran,” tandasnya.

Dengan sudah keluarnya jadwa seleksi CASN, Triyanto meminta masyarakat yang ingin menjadi ASN untuk mempersiapkan diri mulai dari persyaratan administrasi hingga seleksi kompetensi dasar dan seleksi kompetensi bidang.

BACA JUGA: Resmi! Gaji PNS dan TNI/Polri Naik 8 Persen, Pensiunan Naik 12 Persen

Ia memastikan proses seleksi CASN ini transparan dan akuntabel sehingga Triyanto meminta masyarakat untuk tidak mempercayai pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dengan menjanjikan lolos CASN dengan membayar sejumlah uang. “Jangan percaya dengan tawaran yang bisa meloloskan CASN dari siapapun,” tandasnya.

Adapun jadwal seleksi CASN 2023 untuk pengumuman dimulai tanggal 16-30 September, pendaftaran seleksi dan seleksi administrasi tanggal 17 September sampai 3 Oktober, pengumuman hasil seleksi administrasi tanggal 6-9 Oktober.

Kemudian  masa sanggah 10-12 Oktober, jawab sanggah 10-14 Oktpober, pengumuman pascasanggah 13-19 Oktober, penjadwalan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) 23-26 Oktober, pelaksanaan SKD 31 Oktober-9 November, pengumuman hasil SKD 12-14 November, masa sanggah 15-17 November, jawab sanggah 15-19 November, pengolahan nilai SKD hasil sanggah 18-22 November, pengumuman pascasanggah 18-24 November, pemetaan titik lokasi Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan CAT 25-27 November, dan pemetaan titik lokasi  SKB dengan CAT oleh peserta seleksi 28-30 November.

Seleksi dilanjutkan dengan penjadwalan SKB dengan CAT 3-4 Desember, pengumuman daftar peserta, waktu dan tempat SKB dengan Cat 5-7 Desember. Sementara pelaksanaan SKB digelar pada 8-14 Desember 2023. 

BACA JUGA: Daftar Gaji PNS Terbaru: Capai Rp6,3 Juta per Bulan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sesuai Penugasan Pemerintah, Pertamina Patra Niaga Tetap Salurkan Pertalite

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement