Advertisement

Festival Dolanan Anak Upaya Ingatkan Budaya dan Tradisi

Media Digital
Sabtu, 26 Agustus 2023 - 18:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Festival Dolanan Anak Upaya Ingatkan Budaya dan Tradisi Sejumlah anak mengikuti Festival Dolanan Anak di Embung Senja, Tirtoadi, Mlati, Sleman, Sabtu (26/8/2023) pagi. Kegiatan Festival Dolanan Anak ini merupakan rangkaian dari kegiatan Gebyar Budaya Jogja Kapanewon Mlati 2023. - Harian Jogja/Jumali

Advertisement

SLEMAN—Pemerintah Kapanewon Mlati bersama dengan Forum Anak Kapanewon Mlati menggelar Festival Dolanan Anak di Embung Senja, Tirtoadi, Mlati, Sleman, Sabtu (26/8/2023) pagi. Kegiatan Festival Dolanan Anak ini merupakan rangkaian dari kegiatan Gebyar Budaya Jogja Kapanewon Mlati 2023.

"Untuk tujuannya, selain memperingati Hari Anak Nasional dan Kemerdekaan RI, Festival Dolanan Anak ini bertujuan agar anak-anak lebih mengenal permainan tradisional serta mencegah kenakalan remaja," kata Naura Dewi Anggita, Wakil Ketua Forum Anak Kapanewon Mlati di sela-sela acara.

Advertisement

Naura mengungkapkan, kegiatan yang dipusatkan di Embung Senja, Tirtoadi, Mlati, Sleman tersebut tidak hanya diikuti oleh ratusan anak perwakilan dari SMP dan MTS di Kapanewon Mlati. Akan tetapi, juga melibatkan balita.

"Ada juga lomba mewarnai. Di samping itu, ada sejumlah perlombaan mulai dari cerdas cermat budaya hingga permainan tradisional," terang Naura.

Baca juga: Wow! 10.000 Penari Montro di Parangkusumo Pecahkan Rekor Muri

Pendamping siswa dari SMPN 3 Mlati Ahmad Nugroho mengapresiasi langkah dari Pemerintah Kapanewon Mlati dan Forum Anak Kapanewon Mlati yang telah menggelar kegiatan tersebut. Langkah menggelar Festival Dolanan Anak adalah langkah yang baik. Tidak hanya mengenalkan permainan tradisional dan mengenalkan budaya ke remaja, kegiatan tersebut diharapkan mampu menekan kenakalan remaja.

"Ini harus kita apresiasi. Kegiatan seperti ini kan bisa mengisi kekosongan para remaja, sekaligus mereka kembali diingatkan akan tradisi," katanya.

Panewu Mlati Arifin berharap Gebyar Budaya Jogja Kapanewon Mlati 2023 menjadi ajang aktualisasi dari sejumlah stakeholder yang ada di Kapanewon Mlati. Selain itu, dengan tagline Mlati Nyawiji, Migunani Tumpraping Sesami diharapkan mampu memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat.

Selain pameran UMKM, Gebyar Budaya Jogja Kapanewon Mlati 2023 juga menampilkan sejumlah kegiatan pada hari pertama, Jumat (25/8/2023) di antaranya Sarasehan Tim Penanganan Kemiskinan, Festival Jathilan, Pembukaan Jambore Relawan dan Mujahadah Kebangsaan.

Sementara pada hari kedua, Sabtu (26/8/2023) ada Festival Dolanan Anak, Sinau Bareng Bahasa Jawa, Pentas Jathilan dan Pentas Seni serta Teater. "Untuk hari Minggu [27/8/2023] ada Senam Massal, Lomba Senam Sleman Bangkit, Macapat dan Ketoprak. Sedangkan untuk Minggu [3/8/2023] ada Festival Kirab Budaya," ucapnya. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mesin Pesawat Garuda Pengangkut Jemaah Haji Terbakar, Begini Reaksi Kemenag

News
| Kamis, 16 Mei 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement