Advertisement

Inventarisasi Tanah Kasultanan Jogja untuk Memberi Kepastian Hukum

Catur Dwi Janati
Selasa, 29 Agustus 2023 - 22:17 WIB
Maya Herawati
Inventarisasi Tanah Kasultanan Jogja untuk Memberi Kepastian Hukum Ilustrasi tanah Kraton Jogja / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Penghageng Tepas Tandha Yekti, Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat atau Kraton Jogja, GKR Hayu menyambut baik penyerahan sertifikat tanah milik kasultanan kepada sejumlah kalurahan di Sleman. Menurutnya ini merupakan implementasi dari Undang-Undang Keistimewaan DIY.

"Kalau saya ini happy occasion. Kalau kami sendiri dari Undang-undang Keistimewaan, Kasultanan sendiri istilahnya diharuskan untuk menginventarisasi semua sultan ground. Jadi ya ini yang dilakukan kurang lebih kan seperti itu. Berarti ini kan ini implementasinya. jadi ya happy occasion," terangnya pada Selasa (29/8/2023).

Advertisement

Langkah ini kata Hayu juga dalam rangka memperingati 11 tahun Undang-Undang Keistimewaan DIY. Skema pendaftaran pencatatan perubahan sertifikat tanah kalurahan semacam ini akan dilakukan di wilayah lain di DIY. Hanya saja Hayu mengungkapkan bila langkah ini akan dilakukan bertahap.

"Kalau dilakukan di wilayah lain iya, cuma kan ya namanya manpower juga bertahap. Makanya tadi mungkin ada yang belum, nanti menyusul. Cuma diharapkan nanti semuanya akan terdata, jadi kami tanggung jawabnya luas," kata Hayu.

BACA JUGA: MK Membolehkan Kampanye di Sekolah, Dewan Pendidikan DIY: Perlu Aturan Jelas

Lebih lanjut Hayu berharap penyerahan sertifikat tanah milik Kasultanan Jogja ini dapat memberi kepastian hukum. Selain itu langkah ini diharapkan dapat mengurangi keributan ke depannya. 

"Yang jelas, satu ini kan kepastian hukum untuk yang punya sertifikat. Jadi ke depannya itu semua planning tata ruang dan baik dari masyarakat sendiri ketika memanfaatkan atau mungkin ada juga [pihak] bukan dari masyarakat tapi dari pemerintah itu jadi jelas. Mengurangi keributan di akhir nanti," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Semeru Kembali Erupsi, Warga Diminta Menjauh Radius 13 Km

News
| Selasa, 14 Mei 2024, 10:07 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement