Advertisement

Sultan HB X Minta Asita DIY Bantu Datangkan Wisatawan Mancanegara ke Jogja

Stefani Yulindriani Ria S. R
Rabu, 30 Agustus 2023 - 12:37 WIB
Sunartono
Sultan HB X Minta Asita DIY Bantu Datangkan Wisatawan Mancanegara ke Jogja Gubernur DIY Sri Sultan HB X - Stefani Yulindriani

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kondisi global yang belakangan penuh ketidakpastian dinilai menjadi tantangan bagi sektor pariwisata di Indonesia, khususnya DIY, untuk mendatangkan wisatawan mancanegara. Dalam menghadapi tantangan tersebut, Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) diharapkan turut membantu pemerintah mendatangkan wisatawan mancanegara. 

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X menilai saat ini kondisi penerbangan di Indonesia belum pulih total usai pandemi. Selain itu menurut Sultan adanya perang Rusia-Ukraina juga berdampak pada kondisi ekonomi di Eropa, yang merupakan pasar pariwisata Indonesia. Kondisi tersebut menurut Sultan akan berdampak pada kedatangan wisatawan mancanegara ke Indonesia. 

Advertisement

BACA JUGA : Sultan HB X: Proyek Infrastruktur di DIY Menyokong Wisata Joglosemar

“Tentu menjadi harapan bersama bagaimana kita bisa mendatangkan turis sebanyak-banyaknya. Tapi dengan kondisi global saat ini yang belum benar-benar membaik, harus kita pikirkan jalan keluarnya,” kata Sultan dalam Gala Dinner Rakernas ASITA IV di Kompleks Kepatihan, Selasa (29/8/2023) malam

Dalam menghadapi tantangan tersebut, Sultan berharap ASITA dapat memiliki program yang dapat membantu pemerintah pusat dan Pemda DIY mendatangkan wisatawan mancanegara sebanyak-banyaknya. 

“Saya berharap, ASITA bisa ikut memikirkan bagaimana kita semua bisa menatap masa depan dunia pariwisata yang lebih baik dengan kondisi global yang tidak ada kepastian seperti saat ini,” kata Sultan. 

BACA JUGA : Unggulkan Keberagaman Budaya, Kampung Wisata Sosromenduran Juara Lomba Desa Wisata

Sultan berharap melalui program inovasi yang dihadirkan ASITA untuk dapat menarik wisatawan mancanegara berkunjung ke Indonesia, maka pariwisata dalam negeri dapat berharap di tengah kondisi global yang penuh ketidakpastian. 

Jika bicara tentang kondisi pariwisata, isu-isu terkini itu menjadi sangat peka. Jadi saya berharap ASITA bisa betul-betul berpikir realistis untuk menghadapi tantangan yang ada dan bisa survive dalam menghadapi masalah saat ini,” kata Sultan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gerindra Usul 4 Kader Jadi Kandidat Cagub DKI Jakarta, 2 di Antaranya Keponakan Prabowo

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement